Rangga, Nurjannah (2011) PENGARUH PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK DIDIK DI SDN 38 JAMBU KEC. BAJO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Nurjannah Rangga.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nurjannah Rangga, 2011. Pengaruh Pendidikan Islam terhadap Perkembangan Anak
Didik Di SDN 38 Jambu Kec. Bajo – Skripsi Program Studi Pendidikan
Agama Islam, Jurusan Tarbiyah. Pembimbing (1)Mustamin, S.Ag., M.HI.
dan Pembimbing (2) Munir Yusuf, S.Ag., M.Pd
Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Perkembangan Anak Didik
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Pendidikan Islam terhadap
Perkembangan Anak Didik Di SDN 38 Jambu Kec. Bajo. Penelitian ini digunakan
untuk menjawab permasalah tentang (1) Bagaimana pengaruh pendidikan Islam
terhadap perkembangan anak didi pada SDN 38 Jambu Kecamatan Bajo, (2)
Bagaimana Usaha yang dilakukan oleh guru agar murid memahami pendidikan
Islam, (3) Faktor-faktor apa yang menghambat dan mendukung pengembangan
pendidikan agama Islam di SDN 38 Jambu Kecamatan Bajo.
Untuk memberikan jawaban terhadap permasalahan yang dikemukakan di atas,
penulis menggunakan metode penelitian yang dikenal dengan field research atau
penelitian lapangan yaitu penulis terjun langsung meneliti obyek. Demikian juga
library research yaitu penulis memperoleh data dengan jalan membaca buku-buku
yang ada hubungannya dengan pembahasan skripsi ini. Data teknik pengolahan
dikelola dengan menggunakan tiga metode yakni : induktif, deduktif dan komparatif.
Dari hasil penelitian digambarkan bahwa Pengaruh pendidikan Agama Islam
terhadap perkembangan anak di SDN 38 Jambu masih kurang, yang ditinjau dari
semua faktor yang menunjang dalam perkembangan anak didik, untuk menangani
persoalan ini guru dituntut untuk memberikan sikap keteladanan atau menampakkan
contoh yang baik kepada anak didiknya baik itu tingah laku maupun cara
menyampaikan kata-kata dalam proses belajar-mengajar, serta menciptakan suasana
sekolah agar menjadi tempat yang nyaman bagi siswa dan menggunakan berbagai
pendekatan dalam pengajaran
Adapun usaha yang dilakukan oleh guru agar murid memahami pendidikan
agama Islam adalah (1) Memberikan motivasi untuk belajar dan meningkatkan minat
baca, mengajar dengan berbagai metode yang menarik sesuai dengan
psikologi anak, dan metode yang diterapkan yaitu metode ceramah, metode tanya
jawab, dan metode penugasan, (2) Memberikan perhatian kepada setiap siswa serta
mengevaluasi proses belajar-mengajar
Adapun faktor penghambat pengembangan pendidikan agama Islam di SDN
38 Jambu adalah kurangnya sarana dan prasarana, keterbatasan waktu bagi guru
agama Islam serta kurangnya perhatian dari orang tua murid. Sedangkan Faktor
xii
pendukungnya adalah adanya minat dari anak itu sendiri dan kesadaran guru
memberikan motivasi minat baca kepada siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 22 May 2023 06:02 |
Last Modified: | 22 May 2023 06:02 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6175 |
Actions (login required)
View Item |