Anggraeni, Rini (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER SISWA KELASVIIA SMP NEGERI 5 WALENRANG. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Nurul.pdf
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK 
Sulkifli, 2011, ”Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika melalui Penerapan 
Metode Snow Ball pokok bahasan Aljabar pada Siswa Kelas VII-2 SMP 
Negeri 8 Palopo.” Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Tarbiyah, 
STAIN Palopo. Pembimbing I, Drs. Nasaruddin, M. Si., Pembimbing II 
Andi Ika Prasasti Abrar, S.Si., M.Pd 
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar matematika siswa 
melalui penerapan Metode Snow Ball khususnya pada pokok bahasan aljabar. Hasil 
dari penelitian tindakan ini akan memberikan manfaat yang sangat berarti bagi guru, 
agar dapat memperbaiki dan meningkatkan sistem pembelajaran di kelas, sehingga 
permasalahan-pemasalahan yang dihadapi baik oleh siswa, materi pelajaran dan lain 
sebagainya dapat diminimalkan.Memberikan manfaat kepada siswa sehingga dapat 
memahami dan menyenangi pelajaran matematika.Memberikan manfaat bagi sekolah 
yang sangat berharga dalam rangka perbaikan kualitas pembelajaran.Selain itu 
diharapkan prestasi belajar matematika siswa secara kolektif dapat meningkat.Jenis 
penelitian ini, adalah penelitian tindakan kelas yang lebih dikenal dengan sebutan 
classroom action research.Yang pelaksanaannya bersiklus dan setiap siklus terdiri 
dari empat tahapan. Menurut suharsimi, dkk., tahapan-tahapan tersebut, adalah (1) 
perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi/evaluasi, (4) refleksi. 
Penelitian tindakan ini dilaksanakan di SMP Negeri 8 Palopo pada semester ganjil. 
Objek penelitian tindakan ini adalah semua siswa Kelas VII-2 yang berjumlah 40 
siswa, terdiri dari 18 siswa dan 17 siswi. Data tentang hasil pengamatan dan 
tanggapan-tanggapan siswa dianalisis secara kualitatif, sedangkan data tentang hasil 
tes dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif. Adapun 
hasil belajar matematika pada siklus I, yaitu: nilai tertinggi sebesar 65, nilai terendah 
sebesar 45, sehingga rentang skornya sebesar 20, selain itu juga diperoleh median 
sebesar 55, modus sebesar 50, dan standar deviasi sebesar 5.15. Pada siklus II nilai 
yang diperoleh siswa, yaitu: nilai tertinggi sebesar 86, nilai terendah sebesar 58, 
sehingga rentang skornya sebesar 28, selain itu juga diperoleh median sebesar 63, 
modus sebesar 60, standar deviasi 9.09. berdasarkan analisis rata-rata nilai perolehan 
siswa pada siklus I sebesar 54.63, sedang pada siklus II rata-rata nilai perolehan siswa 
meningkat sebesar 67.20.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika | 
| Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos | 
| Date Deposited: | 22 May 2023 06:53 | 
| Last Modified: | 22 May 2023 06:53 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6183 | 
