Rafiqah, Rafiqah (2011) PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL SISWA SDN 309 UJUNG BASSIANG KEC. PONRANG SELATAN KAB. LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Rafiqah.pdf Download (1MB) |
Abstract
A B S T R A K
Rafiqah, 2011, Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan
Emosional dan Spiritual Siswa SDN 309 Ujung Bassiang Kec. Ponrang
Selatan Kab. Luwu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan
Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo. Pembimbing
(I) Sukirman, S.S., M.Pd. (II) Rahmawati, M.Ag.
Kata kunci : Peran pendidikan agama Islam, Meningkatkan kecerdasan emosional
dan spiritual.
Skripsi ini berjudul peran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan
kecerdasan emosional dan spiritual siswa SDN 309 Ujung Bassiang Kec. Ponrang
Selatan Kab. Luwu dengan rumusan masalah peran pendidikan agama Islam dan
upaya guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa.
Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menjadikan populasi guru agama
Islam yang berjumlah 2 orang serta siswa SD Negeri 309 Ujung Bassiang yang
berjumlah 253 orang, dan dalam pengambilan sampel peneliti menggunakan random
sampel yakni pengambilan secara acak siswa kelas VI yang berjumlah 30 orang.
Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan, Penelitian kepustakaan, yaitu
teknik pengumpulan data dengan mengumpulkan literatur yang ada kaitannya dengan
penelitian ini sebagai dasar teorinya. Penelitian lapangan, adalah cara
mengumpulkan data dengan melakukan penelitian secara langsung kelokasi
penelitian yang telah ditentukan dengan cara: observasi, interview, dan dokumentasi.
Peran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional
dan spiritual siswa cukup segnifikan, karena dengan pendidikan agama Islam guru
lebih mudah mamberikan materi kepada siswa, siswa selaku subjek dan objek
pendidikan dapat lebih mudah mengerti dan diarahkan, dan terakhir siswa juga dapat
menambah referensi pengetahuannya dengan baik. Maka materi PAI selaku
pengontrol iman dan moral siswa cukup erat kaitannya dengan peningkatan kedua
kecerdasan tersebut.
Upaya guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa
cukup maksimal. Dan adapun yang menjadi usaha guru adalah: Mengikutsertakan
peran emosional dalam proses pembelajaran, guru senantiasa mencontohkan perilaku
yang religius kepada siswa, guru menjadikan waktu luangnya untuk berkomunikasi
dengan siswa, guru dapat melakukan komunikasi dengan baik, Memberikan contoh
kepada siswa mengenai kepribadian yang baik. Disamping itu pula peneliti
menyebarkan angket kepada siswa mengenai urgensi kecerdasan emosional dan
respon siswa terhadap perubahan prilakunya cukup positif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 22 May 2023 06:58 |
Last Modified: | 22 May 2023 06:58 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6184 |
Actions (login required)
View Item |