IRMA, IRMA (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 8 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
IRMA.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Irma, 2022. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan
Membaca Al-qur‟an pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 8
Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Muhaemin dan Firman Patawari.
Skripsi ini membahas tentang Strategi Guru Pendidikan Agama Islam
dalam Mengatasi Kesulitan Membaca al-Qur‟an pada Masa Pandemi Covid-19 di
SMP Negeri 8 Palopo. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui pelaksanaan
pembelajaran baca tulis al-Qur‟an pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 8
Palopo; Untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi
kesulitan membaca al-Qur‟an pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 8
Palopo; Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi guru
pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur‟an pada
masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 8 Palopo. Jenis penelitian ini adalah
kualitatif deskriptif. Sumber datanya adalah Kepala SMP Negeri 8 palopo, guru
SMP Negeri 8 Palopo dan peserta didik, dokumen kepustakaan, kajian-kajian
teori, dan karya ilmiah yang ada relevansinya dengan masalah yang diteliti. Data
diperoeh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, data
penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori Miles dan Hubberman, yaitu
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa: Pelaksanaan pembelajaran baca tulis al-Qur‟an pada masa
pandemi Covid-19 di SMP Negeri 8 Palopo dilaksanakan secara daring melalui
media sosial seperti grup WA dan Google Class Room. Strategi guru pendidikan
agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur‟an pada masa pandemi
Covid-19 dengan menggunakan metode Dirosa (Dirasah Orang Dewasa). Faktor
pendukung strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan
membaca al-Qur‟an pada masa pandemi covid-19 adalah adanya perencanaan dari
pihak Sekolah, adanya program literasi baca tulis al-Qur‟an adanya peran aktif
oleh orang tua siswa sedangkan faktor penghambatnya adalah kurang minat siswa,
kurangnya motivasi, pergaulan yang tidak terkontrol yang mengarah pada
perbuatan negatif.
Kata Kunci: Strategi, Guru PAI Kesulitan Membaca Al-Qur‟an, Pandemi Covid�19, SMP Negeri 8 Palopo.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 22 May 2023 23:56 |
Last Modified: | 22 May 2023 23:56 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6208 |
Actions (login required)
View Item |