IRMA, IRMA (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 8 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
IRMA.pdf
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
Irma, 2022. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan 
Membaca Al-qur‟an pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 8 
Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas 
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. 
Dibimbing oleh Muhaemin dan Firman Patawari. 
Skripsi ini membahas tentang Strategi Guru Pendidikan Agama Islam 
dalam Mengatasi Kesulitan Membaca al-Qur‟an pada Masa Pandemi Covid-19 di 
SMP Negeri 8 Palopo. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui pelaksanaan 
pembelajaran baca tulis al-Qur‟an pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 8 
Palopo; Untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi 
kesulitan membaca al-Qur‟an pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 8 
Palopo; Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi guru 
pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur‟an pada 
masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 8 Palopo. Jenis penelitian ini adalah 
kualitatif deskriptif. Sumber datanya adalah Kepala SMP Negeri 8 palopo, guru 
SMP Negeri 8 Palopo dan peserta didik, dokumen kepustakaan, kajian-kajian 
teori, dan karya ilmiah yang ada relevansinya dengan masalah yang diteliti. Data 
diperoeh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, data 
penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori Miles dan Hubberman, yaitu 
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini 
menunjukkan bahwa: Pelaksanaan pembelajaran baca tulis al-Qur‟an pada masa 
pandemi Covid-19 di SMP Negeri 8 Palopo dilaksanakan secara daring melalui 
media sosial seperti grup WA dan Google Class Room. Strategi guru pendidikan 
agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur‟an pada masa pandemi 
Covid-19 dengan menggunakan metode Dirosa (Dirasah Orang Dewasa). Faktor 
pendukung strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan 
membaca al-Qur‟an pada masa pandemi covid-19 adalah adanya perencanaan dari 
pihak Sekolah, adanya program literasi baca tulis al-Qur‟an adanya peran aktif 
oleh orang tua siswa sedangkan faktor penghambatnya adalah kurang minat siswa, 
kurangnya motivasi, pergaulan yang tidak terkontrol yang mengarah pada 
perbuatan negatif.
Kata Kunci: Strategi, Guru PAI Kesulitan Membaca Al-Qur‟an, Pandemi Covid�19, SMP Negeri 8 Palopo.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam | 
| Depositing User: | Harding Sulu | 
| Date Deposited: | 22 May 2023 23:56 | 
| Last Modified: | 22 May 2023 23:56 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6208 | 
