PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PREZI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 3 BAJO

KAMARUDDIN, NURASTUTI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PREZI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 3 BAJO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NURASTUTI KAMARUDDIN.pdf] Text
NURASTUTI KAMARUDDIN.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurastuti Kamaruddin, 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran
Matematika Menggunakan Prezi untuk Meningkatkan Minat Belajar
Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Bajo”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Muhammad
Hajarul Aswad dan Arsyad L
Media pembelajaran matematika yang dikembangkan menggunakan prezi
merupakan salah satu media pembelajaran yang digunakan sebagai sarana untuk
membantu peserta didik dalam meningkatkan minat belajar serta memahami
materi relasi dan fungsi yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran matematika
yang dikembangkan menggunakan Prezi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan reseach and
Development (RD). Penelitian ini menggunakan model ADDIE, yaitu analisis
(analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi
(implementation), dan evaluasi (evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP
Negeri 3 Bajo dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VIII.1, Untuk
mengetahui kelayakan produk, peneliti menyebar angket kepada validator ahli
materi dan ahli media serta angket praktikalitas dan angket minat belajar kepada
peserta didik kelas VIII.1 di sekolah tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika
yang didesain menggunakan Prezi untuk meningkatkan minat belajar peserta
didik kelas VIII.1 yaitu pada hasil penilaian ahli materi 85% memenuhi kategori
sangat valid, ahli media 77,5% dengan kategori valid, respon siswa 81,055%
dengan kategori sangat praktis, dan minat belajar siswa 2.86364%.dengan
kategori efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran matematika menggunakan Prezi termasuk dalam kategori valid,
praktis dan efektif menggunakan media pembelajaran Prezi.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Prezi, Relasi dan Fungsi, Minat Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 23 May 2023 00:04
Last Modified: 23 May 2023 00:04
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6209

Actions (login required)

View Item View Item