PERANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PADA IQAMAH CILALLANG DESA WARA KECAMATAN KAMANRE KABUPATEN LUWU

Raodah, Raodah (2011) PERANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PADA IQAMAH CILALLANG DESA WARA KECAMATAN KAMANRE KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Raodah.pdf] Text
Raodah.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Raodah, 2011. Peranan Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca pada
MTs. Istiqamah Cilallang Desa Wara Kecamatan Kamanre
Kabupaten Luwu. Skripsi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
(STAIN) Palopo Jurusan Tarbiyah ,Program Studi Pendidikan Agama
Islam (PAI), Pembimbing (1) Kaharuddin, S.Ag., M.Pd.I. Pembimbing
(2) Muhammad Irfan Hasanuddin, M.A.
Kata Kunci : perpustakaan Sekolah, Minat Baca Siswa
Skripsi ini membahas mengenai peranan sekolah dalam meningkatkan minat
baca siswa pada MTs. Istiqamah Cilallang Desa Wara Kecamatan Kamanre
Kabupaten Luwu. Penelitian ini mengambil rumusan masalah: 1) Bagaimana peranan
perpustakaan dalam meningkatkan minat baca dan prestasi belajar siswa MTs Darul
Istiqamah Cilallang Kamanre Kabupaten Luwu ? 2) Bagaimanakah kendala yang
dihadapi dalam meningkatkan minat baca siswa MTs Darul Istiqamah Cilallang
Kecamatan Kamanre Kab. Luwu 3) Bagaiama upaya guru dalam meningkatkan minat
baca siswa MTs Darul Istiqamah Cilallang Kecamatan Kamanre Kabupaten Luwu?
Penelitian ini ini merupakan penelitian lapangan yang berbentuk deskriptif
Kualitatif dengan mengambil populasi seluruh guru dan siswa MTs Darul Istiqamah
Cilallang. Penelitian ini menggunakan teknik purpossive sampling sehingga hanya
mengambil responden menurut penulis dapat memberikan data yang dibutuhkan
penelitian ini. Sehingga, populasi ini yakni 1 kepala, sekolah dan 4 sampel guru.
Instrumen penelitian menggubakan catatan observasi dan pedoman wawancara.
Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik induktif dan deduktif.
Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Peranan perpustakaan dalam
meningkatkan minat baca dan prestasi belajar siswa MTs Darul Istiqamah Cilallang
yakni berperan sebagai sumber belajar atau pusat belajar, yakni dengan melakukan
kegiatan [embelajaran yang berhubungan dengan kepustakaan. Hal ini bisa berupa
mengajak siswa masuk ke perpustakaan membaca buku, mengadakan lomba baca
cepat, dan lain sebagainya. esemuanya itu diarahkanpada, peningkatan minat baca,
dan prestasi belajar siswa MTs. Darul Istiqamah Cilallang. 2) Kendala yang dihadapi
dalam meningkatkan minat baca siswa MTs Darul Istiqamah Cilallang yakni : a)
buku perpustakaan yang kurang b) kondisi fisik dan suasana, perpustakaan, c)
motivasi dan minat baca siswa tidak merata, d) tingkat keaktifan siswa, yang tidak
merata. 3) Upaya guru dalam, meningkatkan minat baca siswa MTs Darul Istiqamah
Cilallang yakni: a) mengaktifkan kelompok – kelompok belajar siswa di
perpustakaan, b) membuat modul-modul pembelajaran dengan menggunakan
perpustakaan sebagai tempat dan -umber belajar, c) guru membangkitkan belajar
siswa gemar membaca.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Karya Umum, Komputer, informasi dan referensi umum > 027.8 Perpustakaan Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 23 May 2023 06:20
Last Modified: 23 May 2023 06:20
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6214

Actions (login required)

View Item View Item