EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE THREE TWO ONE DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PAI SISWA KELAS V SD NEGERI 24 TEMMALEBBA KOTA PALOPO

Ratikumalasari, Ratikumalasari (2011) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE THREE TWO ONE DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PAI SISWA KELAS V SD NEGERI 24 TEMMALEBBA KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Ratikumalasari.pdf] Text
Ratikumalasari.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Ratikumalasari 2011, Efektifitas Penerapan Metode Three Two One dalam
meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi
Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V SD Negeri 24
Temmalebba Kota Palopo. Skripsi Program Studi
Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi
Agama Islam Negeri Palopo, Pembimbing (1) Dra. St.
Marwiyah, M. Ag, (2) Dra. Baderiyah, M. Ag.
Kata Kunci Penerapan Metode Three Two One, Prestasi Belajar,
Pendidikan Agama Islam.
Skripsi ini mengacu pada dua pokok masalah yaitu (1) Bagaimana hasil
pembelajaran PAI dengan menerapkan metode Three Two One pada siswa kelas V
SDN No.24 Temmalebba Kota Palopo (2) Bagaimana efektifitas dari penerapan
metode Three Two One terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN No.24 Temmalebba
Kota Palopo.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kuantitatif yang bersifat
eksperimen yakni suatu penelitian yang berusaha mencari pengaruh variabel tertentu
terhadap variabel yang lain dalam kondisi terkontrol secara ketat atau biasa juga
disebut dengan penelitian yang bertujuan melihat hubungan sebab akibat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada
kelas eksperimen (kelas yang diajar dengan menerapkan metode three two one)
setelah diberikan tes akhir lebih tinggi dibanding nilai rata-rata siswa kelas kontrol
(kelas yang diajar tanpa menerapkan metode three two one) yakni 15,54 dan 12,42.
Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan metode three two one dalam proses
pembelajaran khususnya pada pembelajaran pendidikan agama Islam sangat efektif
dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, setiap pendidik dalam
hal ini guru harus senantiasa melakukan usaha-usaha yang hasilnya dapat berdampak
pada meningkatnya prestasi belajar siswa sehingga proses pembelajaran yang
dilakukan senantiasa berorientasi pada pencapaian tujuan pembelajaran secara
maksimal. Salah satu usaha yang dimaksud yakni senantiasa menjadikan metode
three two one sebagai alternatif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya
dalam bidang studi pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 23 May 2023 06:24
Last Modified: 23 May 2023 06:24
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6215

Actions (login required)

View Item View Item