Ridallah, Ridallah (2011) EFEKTIFITAS KOMUNIKASI ANTARA GURU DAN SISWA DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MI. DARUL ISTIQAMAH CILALLANGKECAMATAN KAMANRE KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Ridhallah.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Ridallah, 2011, Efektifitas Komunikasi antara Guru dan Siswa dalam Peningkatan
Prestasi Belajar MI Darul stiqamah Cilallang Kecamatan Kamanre
Kabupaten Luwu, Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI)
Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo.
Pembimbing: (1) Dra. St. Marwiyah, M.Ag. (2) Kaharuddin, S.Ag.,M.Pd.I.
Kata kunci : Efektifitas Komunikasi, Guru Siswa, Prestasi Belajar
Skripsi ini membahas tentang Efektifitas komunikasi antara Guru dan Siswa
dalam Peningkatan Prestasi Belajar MI Darul Istiqamah Cilallang Kecamatan
Kamanre Kabupaten Luwu.
Adapun yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1)
Bagaimanakah model komunikasi antara guru dan siswa dalam peningkatan prestasi
belajar MI Darul Istiqamah Cilallang Kecamatan Kamanre Kabupaten Luwu, 2)
Bagaimanakah efektifitas komunikasi antara guru dan siswa MI Darul Istiqamah
Cilallang, Kecamatan Kamanre Kabupaten Luwu.
Penelitian ini mempergunakan metode penelitian deskriptif yang
memberikan gambaran melalui data valid balk yang bersumber dari pustaka maupun
obyek penelitian. Dalam menganalisis data penulis menggunakan analisis deskriptif
kualitatif yang dimulai dari analisis data yang terhimpun kemudian bergerak ke arah
pembentukan kesimpulan.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model komunikasi
antara guru dan siswa dalam peningkatan prestasi belajar MI Darul Istiqamah
Cilallang Kecamatan Kamanre Kabupaten Luwu dan untuk mengetahui bagaimana
efektifitas komunikasi antara guru dan siswa MI Darul Istiqamah Cilallang,
Kecamatan Kamanre Kabupaten Luwu.
Hasil penelitian bahwa model komunikasi yang diterapkan di MI Darul
Istiqamah Cilallang Kecamatan Kamanre Kabupaten Luwu terdiri dari beberapa
aspek yakni komunikasi verbal yang meliputi : Vocabulary (Perbendaharaan kata�kata), Racing (Kecepatan), Intonasi suara, Humor, singkat dan jelas dan Timing
(Waktu yang tepat) dan Komunikasi Nonverbal meliputi : Ekspresi wajah, kontak
mata, sentuhan, Poster tubuh dan gaga bedalan, Sound (Suara), Gerak Isyarat. Dan
efektifitas tentang komunikasi dalam proses pembelajaran di MI Darul Istiqamah
Cilallang Kecamatan Kamanre menentukan ke berhasilan belajar siswa dalam
menciptakan kondisi belajar siswa dalam menciptakan komunikasi edukatif Dalam
hal ini guru harus mampu menjadi komunikator dalam proses pembelajaran untuk
memberikan bantuan/bimbingan bila siswa mendapatkan kesulitan dalam belajar.
Menarik minat dan perhatian siswa. Dalam proses belajar mengajar tersebut harus
terdapat interaksi atau komunikasi yang efektif agar prestasi belajar siswa dapat
meningkat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 23 May 2023 06:28 |
Last Modified: | 23 May 2023 06:28 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6216 |
Actions (login required)
View Item |