Risma, Risma (2011) KELOMPOK KERJA GURU (KKG) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR SISWA PADA MTs. PADANG SAPPA KECAMATAN PONRANG KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Risma.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Risma, 2011. “Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Upaya Meningkatkan Kualitas
Belajar Siswa pada MTs. Padang Sappa Kecamatan Ponrang Kabupaten
Luwu”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo Pembimbing (I) Drs. H.
Fahmi Damang, M.A. dan Pembimbing (II) Drs. Efendi P., M.Sos.I.
Kata Kunci: Kelompok Kerja Guru (KKG), Kualitas Belajar Siswa
Skripsi ini membahas tentang Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam upaya
meningkatkan kualitas belajar siswa pada MTs. Padang Sappa, di mana penelitian ini
mengangkat permasalahan tentang 1). Peranan Kelompok Kerja Guru dalam upaya
meningkatkan kualitas belajar siswa di MTs. Padang Sappa. 2). Korelasi antara
Kelompok Kerja Guru terhadap kualitas belajar siswa di MTs. Padang Sappa, dan 3.
Kendala dan upaya dalam meningkatkan kualitas belajar siswa di MTs. Padang
Sappa.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data digunakan untuk
mengumpulkan berbagai macam alternatif jawaban dari objek dikaji, yakni a).
Observasi, atau pengamatan langsung di lapangan, b). Interview yaitu metode
pengumpulan data dengan cara wawancara atau tanya jawab, c). Kuisioner (angket)
adalah suatu teknik pengumpulan data dengan cara mengisi suatu daftar yang
berisikan rangkaian pertanyaan, kemudian selanjutnya keseluruhan data tersebut
dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan tabel-tabel sederhana kemudian hasil
olahan tersebut dijadikan acuan dasar untuk menganalisa secara kualitatif terhadap
suatu permasalahan telah dirumuskan sebelumnya dan memberikan gambaran tentang
Kelompok Kerja Guru (KKG) terhadap kualitas belajar siswa dan hasil analisis
berbentuk tabel frekuensi dan persentase.
Hasil penelitian ini dapat menentukan usaha untuk meningkatkan kualitas
belajar siswa di sini peran guru sebagai kulminator terpadu dengan peran sebagai
evaluator mampu memancing aspirasi siswa, mampu mengaktifkan siswa dalam
proses belajar mengajar, mampu memvariasi pengelolaan kelas, mampu melayani
perbedaan individu siswa, serta mampu meningkatkan interaksi belajar siswa. Usaha�usaha dilakukan guru pendidikan agama Islam di MTs. Padang Sappa Kec. Ponrang
Kab. Luwu dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam adalah a). Pola
pengajaran efektif, b). Pelaksanakan metode pengajaran, c). Pengadaan les mata
pelajaran, d). Keaktifan guru dalam mengajarkan mata pelajaran PAI, e). Penguasaan
guru pada materi pelajaran diajarkan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 23 May 2023 23:55 |
Last Modified: | 23 May 2023 23:55 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6218 |
Actions (login required)
View Item |