HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK ANAK DAN KESULITAN BELAJAR YANG DIALAMI SISWA DI MTS. LARA I KEC. BAEBUNTA KAB. LUWU UTARA

Rofi'ah, Rofi'ah (2011) HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK ANAK DAN KESULITAN BELAJAR YANG DIALAMI SISWA DI MTS. LARA I KEC. BAEBUNTA KAB. LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Rofi'ah.pdf] Text
Rofi'ah.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Rofi’ah. 2011. “Hubungan antara Karakteristik Anak dan Kesulitan Belajar yang
Dialami Siswa di MTs. Lara I Kec. Baebunta Ka. Luwu Utara”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah Sekolah
Tinggi Agama Islam Negeri Palopo, Pembimbing (I), Dra. St. Marwiyah,
M.Ag, Pembimbing (II), Drs. Syahruddin, M.Hi.
Kata kunci: Karakteristik Anak dan Kesulitan Belajar .
Skripsi ini membahas tentang gambaran pemahaman guru terhadap karakteristik
siswa dalam mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa di MTs. Lara
kecamatan Baebunta kabupaten Luwu-Utara, dan gambaran mengenai dampak
pemahaman guru terhadap karakteristik dalam proses belajar, serta apa gejala yang
memyebabkan siswa dapat mengalami kesulitan belajar di MTs. Lara kecamatan
Baebunta kabupaten Luwu-Utara. Adapun tujuan yang ingin dicapai Untuk
mengetahui gambaran pemahaman guru terhadap pemahaman karakteristik siswa
dalam mengatasi kesulitan belajar, dan memperoleh gambaran dampak pemahaman
guru terhadap karakteristik dalam proses belajar, serta apa gejala yang meyebabkan
siswa dapat mengalami kesulitan belajar di MTs. Lara kecamatan Baebunta
kabupaten Luwu-Utara.
Untuk memperoleh data yang dibutuhkan, maka penulis menggunakan
metode kepustakaan (library research) sebagai landasan teori, dan metode lapangan
(filed research) sebagai metode mengumpulkan data di lokasi penelitian melalui
observasi, interview, angket, dan dokumentasi.
Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat dikemukakan bahwa gambaran
pemahaman guru terhadap karakteristik siswa dalam mengatasi kesulitan belajar yang
dialami oleh siswa di MTs. Lara kecamatan Baebunta kabupaten Luwu-Utara adalah
memberi dampak positif terhadap penyelesaian atau dalam mengatasi kesulitan
belajar yang dialami oleh siswa. Dengan keadaan yang demikian tentu memberikan
efek positif pula bagi guru, misalnya dapat dianggap berhasil dalam mendidik anak
karena tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Dampak pemahaman guru terhadap karakteristik dalam proses belajar, serta
apa gejala yang memyebabkan siswa dapat mengalami kesulitan belajar adalah faktor
internal siswa, yaitu aspek fisiologis, psikologia dan kelelahan. Dan faktor eksternal,
yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Oleh
karena itu, diharapakan kepada seluruh tenaga pendidik untuk dapat bersikap lebih
bijaksana dalam menghadapi anak yang mengalami kesulitan belajar baik dari segi
faktor penyebab secara internal maupun eksternal pada anak yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 24 May 2023 00:33
Last Modified: 24 May 2023 00:33
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6225

Actions (login required)

View Item View Item