Rosmawati, Rosmawati (2011) EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP SISWA DI MI DDI 1 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Rosmawati.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Rosmawati, 2011, Efektivitas Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam Terhadap Siswa DI MI DDI 1 Palopo. Skripsi, Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
(STAIN) Palopo. Pembimbing I Dra. St. Marwiyah, M.Ag dan Pembimbing II Dra.
Baderiah. M.Ag.
Kata Kunci : Efektivitas, Metode Demonstrasi, dan Peningkatan Pembelajaran PAI
Skripsi ini membahas tentang Efektivitas Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Siswa DI MI DDI I Palopo. Dalam hal ini
penulis ingin memperoleh data tentang (1) bagaimana efektivitas metode demonstrasi dalam
meningkatkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa di MI DDI 1 Palopo, (2) apa
saja yang menjadi hambatan dalam pelaksanaan metode demonstrasi dalam meningkatkan
pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa di MI DDI 1 Palopo.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini
berjumlah 151 orang, terdiri dari 17 guru dan 134 siswa kelas IVA/IVB, dan VA/VB. Sampel
yang digunakan dengan pengambilan secara acak untuk siswa berjumlah 34 orang, terdiri dari
siswa kelas IVA/B masing-masing 8 orang siswa dan kelas Va/VB masing-masing 9 orang
siswa. Sedangkan responden untuk guru terdiri 4 orang, 3 dari guru pendidikan agama Islam dan
1 kepala sekolah. Selanjutnya dalam pengumpulan data, penulis menggunakan cara observasi,
wawancara, angket, dan dokumentasi. Pada teknik analisis data, digunakan jenis data penelitian
kuantitatif, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik penyajian gambar dan analisis
statistik deskriptif.
Dari Hasil penelitian menunjukan bahwa metode demonstrasi sangat efektif digunakan
dalam meningkatkan pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap siswa di MI DDI 1 Palopo.
Dengan metode tersebut siswa lebih cepat tanggap dalam memahami materi yamg diajarkan
karena metode ini langsung diperagakan oleh guru maupun siswa itu sendiri, sehingga siswapun
mampu memahami dengan baik dari maksud tujuan pembelajaran yang ingin di capai. Dalam
penggunaan metode demonstrasi untuk meningkatkan pembelajaran PAI, guru di MI DDI 1
palopo terkadang mendapatkan hambatan seperti mengalami kesulitan dalam melakukan
demonstrasi secara maksimal karena adanya keterbatasan waktu dan terkadang tidak menguasai
kelas secara optimal, namun guru berusaha untuk mengatasi hambatan tersebut dengan berbagai
cara seperti belajar pada teman sejawat yang memiliki kompetensi dalam hal ini dan mengikuti
berbagai kegiatan yang berhubungan dengan profesinya
Dalam penggunaan metode ini sebaiknya tidak hanya digunakan oleh guru yang
mengajarkan pendidikan agama Islam, akan tetapi sebisa mungkin digunakan juga oleh guru
mata pelajaran lain. Dalam penggunaan metode demonstrasi sebisa mungkin semua siswa
dilibatkan sehingga ilmu yang didapatkan jadi merata, begitupun dengan guru harus menguasai
materi yang diajarkan dan penguasaan kelas agar pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan
efesien.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 24 May 2023 00:46 |
Last Modified: | 24 May 2023 00:46 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6227 |
Actions (login required)
View Item |