PERILAKU KONSUMEN MUSLIM DALAM MEMILIH LEMBAGA PEMBIAYAAN KENDARAAN BERMOTOR DI KOTA PALOPO

RAHAYU, SRI (2023) PERILAKU KONSUMEN MUSLIM DALAM MEMILIH LEMBAGA PEMBIAYAAN KENDARAAN BERMOTOR DI KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of SRI RAHAYU.pdf] Text
SRI RAHAYU.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Sri Rahayu, 2022 “Perilaku Konsumen Muslim Dalam Memilih Lembaga
Pembiayaan Kendaraan Bermotor di Kota Palopo.”
Skripsi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Nur Amal Mas, SE.Sy., M.E
Skripsi ini membahas tentang perilaku konsumen muslim dalam memilih lembaga
pembiayaan kendaraan bermotor di Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui perilaku konsumen muslim dalam memilih lembaga pembiayaan
kendaraan bermotor di Kota Palopo. Jenis penelitian yang digunakan adalah
kualitatif deskriptif. Metode penelitian kualitatif deskriptif digunakan untuk
memahami secara mendalam objek yang menjadi fokus penelitian. Informan yang
digunakan dalam penelitian sebanyak 5 orang, yang terdiri 2 orang dari pegawai
negeri sipil, 1 orang dari karyawan BUMN, 2 orang dari wirausaha. Pengumpulan
data dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah
data terkumpul, dianalisis dengan dengan menggunakan teknik reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan dari hasil penelitian dan
pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa perilaku konsumen muslim dalam
memilih lembaga pembiayaan konvensional didominasi karena beberapa faktor.
Faktor yang pertama yaitu disebabkan kurang pengetahuan tentang adanya
pembiayaan syariah di Kota Palopo, faktor kedua yaitu dipengaruhi oleh suku
bunga yang rendah sehingga tertarik untuk melakukan pembiayaan kendaraan
bermotor di pembiayaan konvensional dan faktor yang ketiga dipengaruhi oleh
proses pengurusan berkas mereka diberikan kemudahan dan cepat dalam
pengurusan dan faktor yang keempat yaitu karena adanya koneksi sehingga
menjadi alasan untuk memilih lembaga pembiayaan konvensional. Adapun alasan
seorang konsumen dalam memilih lembaga pembiayaan syariah karena
mengedepankan ketauhidannya, ingin terhindar dari ribah dan lebih
memperhatikan prinsip-prinsip syariah dalam melakukan pembiayaan sehingga itu
menjadi alasan memilih lembaga pembiayaan syariah.
Kata Kunci: Perilaku, Muslim, Lembaga Pembiayaan

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 24 May 2023 00:43
Last Modified: 24 May 2023 00:43
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6228

Actions (login required)

View Item View Item