POLA PEMBINAAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN NO. 430 PANDOSO KECAMATAN SULI KABUPATEN LUWU

Safiyah, Safiyah (2011) POLA PEMBINAAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN NO. 430 PANDOSO KECAMATAN SULI KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Safiyah.pdf] Text
Safiyah.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Safiyah, 2011. Pola Pembinaan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan
Mutu Belajar Siswa di SDN No. 430 Pandoso Kecamatan Suli Kabupaten
Luwu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo. Pembimbing I; Drs.
H. Bulu’ K., M.Ag., Pembimbing II; Kaharuddin, S.Ag., M.Pd.I.
Kata Kunci: Pola Pembinaan, Guru PAI, Mutu Belajar
Skripsi ini membahas tentang pola pembinaan guru PAI dalam meningkatkan
mutu belajar siswa di SDN No. 430 Pandoso Kecamatan Suli Kabupaten Luwu,
berangkat dari permasalah yaitu: 1) Bagaimana pola pembinaan guru dalam
meningkatkan mutu belajar siswa SDN No. 430 Pandoso? 2) Bagaimana mutu belajar
siswa SDN No. 430 Pandoso? dan 3) Apa upaya yang dilakukan guru SDN No. 430
Pandoso Kecamatan Suli Kabupaten Luwu dalam meningkatkan mutu belajar siswa?
Tujuan penelitian adalah: untuk mengetahui pola pembinaan guru dalam
meningkatkan mutu belajar siswa SDN No. 430 Pandoso, untuk mengetahui mutu
belajar siswa SDN NO. 430 Pandoso, dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan
guru agama dalam meningkatkan mutu belajar siswa di SDN No. 430 Pandoso
Kecamatan Suli Kabupaten Luwu.
Untuk memperolehkan data yang akurat, penulis mengadakan penelitian
lapangan dengan menggunakan teknik penelitian yaitu: angket, observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh melalui angket diolah dengan
metode statistik, sedang data yang diperoleh dari wawancara dianalisis secara
kualitatif kemudian diambil kesimpulan secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pola pembinaan dalam meningkatkan
mutu belajar siswa SDN No. 430 Pandoso yaitu; kepada guru PAI adalah pemberian
tugas dan tanggung jawab secara jelas, mengikutsertakan dalam pelatihan/workshop,
dan pemberian kesejahteraan yang layak. Kepada siswa adalah pembinaan dilakukan
untuk mencetak siswa berilmu, beriman, dan bertakwa kepada Allah swt. Mutu
belajar PAI siswa SDN No. 430 Pandoso Kecamatan Suli Kabupaten Luwu dapat
dikatakan kategori baik bila di lihat dari hasil evaluasi belajar sub-sumatif yang
diperoleh siswa, juga masa kerja guru, pengalaman pendidikan formal dan non formal
yang diikuti, serta. Upaya peningkatan mutu pembelajaran siswa di SDN No. 430
Pandoso Kecamatan Suli Kabupaten Luwu yaitu, melaksanakan apersepsi yang
menarik, menggunakan metode mengajar bervariasi, alat peraga yang relevan,
memilih bentuk motivasi yang tepat, dan melaksanakan evaluasi formatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 24 May 2023 01:13
Last Modified: 24 May 2023 01:13
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6237

Actions (login required)

View Item View Item