Lestari, Siami (2011) STUDI KORELASI ANTARA INTERAKSI SOSIAL DALAM KELOMPOK BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII MASDRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH BONE-BONE KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Siami Lestari.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Lestari, Siami, 2011. “Studi Korelasi antara Interaksi Sosial dalam Kelompok
Belajar dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII
Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Bone-Bone Kabupaten Luwu
Utara”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo. Pembimbing (I) Drs.
M. Amir Mula, M.Pd.I., Pembimbing (II) Dr. Muhaemin, M.A.
Kata Kunci: Interaksi Sosial, Kelompok Belajar, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama
Islam.
Skripsi ini membahas tentang studi korelasi antara interaksi sosial dalam
kelompok belajar dengan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VII
Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara, di mana
penelitian ini mengangkat permasalahan tentang (a) Adakah korelasi antara interaksi
sosial dalam kelompok belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran
pendidikan agama Islam pada siswa kelas VII MTs. Muhammadiyah Bone-Bone, (b)
Apa kendala-kendala dan upaya yang dilakukan dalam kelompok belajar siswa dalam
korelasinya dengan prestasi belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam pada
siswa kelas VII MTs. Muhammadiyah Bone-Bone.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data, yakni Library
Research, penulis mengumpulkan data melalui perpustakaan dengan cara membaca
buku atau literatur yang ada kaitannya dengan masalah yang dibahas serta Field
Research, yaitu penulis mengumpulkan data melalui penelitian di lapangan melalui
(a). Observasi, (b). Wawancara, dan (c). Angket, kemudian selanjutnya keseluruhan
data tersebut dianalisis secara kualitatif yaitu data yang dikumpulkan dan diolah
secara deskriptif dengan menggunakan tabel-tabel sederhana kemudian hasil olahan
tersebut dijadikan acuan dasar untuk menganalisa secara deskriptif kualitatif terhadap
suatu permasalahan yang telah dirumuskan sebelumnya dan memberikan gambaran
tentang korelasi antara interaksi sosial dalam kelompok belajar dengan prestasi
belajar siswa dan hasil analisis berbentuk tabel frekuensi dan persentase.
Hasil penelitian ini dapat menentukan usaha untuk meningkatkan prestasi
belajar siswa di Prestasi belajar dikatakan sempurna apabila memenuhi tiga aspek
yakni kognitif, afektif dan psikomotor, sebaliknya dikatakan prestasi kurang
memuaskan jika seseorang belum mampu memenuhi target dalam kriteria prestasi
belajar seseorang sesuai dengan tingkat keberhasilan sesuatu dalam mempelajari
materi pelajaran yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau raport setiap bidang studi
setelah mengalami proses belajar mengajar. Hal tersebut dilakukan oleh guru untuk
mengatasi kesulitan belajar siswa sudah berada pada tahap pendekatan kepada siswa
(psikologi, paedagogis, sosiologis, individual), untuk memahami kondisi siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 24 May 2023 05:28 |
Last Modified: | 24 May 2023 05:28 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6249 |
Actions (login required)
View Item |