Sulhani, Sulhani (2011) PENGARUH LINGKUNGAN DALAM PEMBERIAN PENGALAMAN BELAJAR BAGI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI ( STUDI KASUS PADA TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH SALULEMO ) KEC. BAEBUNTA KAB. LUWU-UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Silhani.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Sulhani. 2011 “Pengaruh Lingkungan dalam Pemberian Pengalaman Belajar
bagi Perkembangan Anak Usia Dini (Studi Kasus pada Taman
Kanak-Kanak Asisyiyah Salulemo Kecamatan Baebunta Kabupaten
Luwu Utara)”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan
Tarbiyah, Pembimbing (I), Drs. Hisban Thaha, M.Ag., Pembimbing (II),
Hj. A. Riawarda, M.Ag.
Kata kunci: Lingkungan Belajar dan Perkembangan Anak Usia Dini .
Skripsi ini membahas tentang pengaruh lingkungan dalam pemberian belajar
anak usia dini pada TK. Aisyiyah Kec. Baebunta, Kab. Luwu Utara. Tujuan
diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi anak sehingga mempengaruhi
perkembangan anak, dan untuk mengetahui gambaran mengenai adakah pengaruh
lingkungan dalam pemberian pengalaman belajar terhadap perkembangan anak usia
dini di TK. Aisyiyah, Kec. Baebunta, Kab. Luwu Utara
Untuk memperoleh data yang dibutuhkan, penulis menggunakan metode
kepustakaan untuk memperkuat landasan teori, dan metode lapangan sebagai metode
mengumpulkan data di lokasi penelitian melalui observasi, interview, dan angket atau
kuisioner. Berdasarkan data yang diperoleh dapat dikemukakan bahwa gambaran
lingkungan belajar anak usia dini dapat dikatakan sudah lumayan baik bagi
perkembangan belajar anak pada usia dini. Lingkungan yang tercipta sudah
menggambarkan lingkungan yang selayaknya dan dapat membantu siswa untuk
memperoleh pengalaman belajar yang dapat membantu siswa untuk lebih mudah
memahami akan arti pentingnya belajar, dan dapat membuat siswa belajar dengan
nyaman sebab ruang bermain yang sudah terpisah dengan ruang belajar siswa. Dan
ada pengaruh signifikan lingkungan dalam pemberian pengalaman belajar terhadap
perkembangan anak usia dini di TK. Aisyiyah Salulemo Kecamatan Baebunta
Kabupaten Luwu Utara. Pengaruh yang ditimbulkan jika dipersentasekan sebanyak
kurang lebih 75% dari lingkungan belajar yang tergambar pada sekolah tersebut,
yaitu mempengaruhi perkembangan belajar siswa dalam hal aspek kognitif, afektif,
psikomotorik dan sikap siswa yang aktif mengikuti pembelajaran, serta sikap
kemandirian siswa.
Hal yang perlu untuk ditingkatkan dan diperhatikan bagi pihak TK. Aisyiyah
Salulemo adalah lingkungan belajar yang dirancang dapat lebih divariasi dan sifatnya
tidak menoton guna menghindari kejenuhan siswa, demikian pula guru dapat banyak
melakukan hal lain selain fokus terhadap lingkungan belajar untuk mempengaruhi
perkembangan anak, seperti penggunaan metode yang variatif, mendesain proses
pembelajaran senyaman mungkin, dan memberi motivasi terhadap siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 24 May 2023 05:32 |
Last Modified: | 24 May 2023 05:32 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6250 |
Actions (login required)
View Item |