Ukkas, Sitti Aminah (2011) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DALAM PEMBINAAN MORAL ANAK SDN 55 OLANG KECAMATAN PONRANG SELATAN KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Sitti Aminah Ukkas.pdf Download (909kB) |
Abstract
ABSTRAK
Sitti Aminah Ukkas, 2011. “Pengaruh Lingkungan Keluarga Dalam Pembinaan
Moral Anak SDN 55 Olang Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten
Luwu” Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Pembimbing I, Sukirman Nurdjan, S.S., M.Pd., Pembimbing II,
Rahmawati, S.Ag., M.Ag.
Kata kunci: Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pembinaan Moral Moral Anak
SDN 55 Olang Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Lingkungan Keluarga Dalam
Pembinaan Moral Anak SDN 55 Olang Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten
Luwu. Yang menjadi pembahasan utama penelitian ini adalah Pengaruh Lingkungan
Keluarga Dalam Pembinaan Moral Anak SDN 55 Olang. Dalam hal ini penulis ingin
memperoleh data tentang (1) Bagaimana pembinaan moral anak di SDN 55 Olang;
(2) Bagaimana mana hubungan lingkungan keluarga dengan sekolah dalam
pembinaan moral anak ; (3) Bagaimana hambatan dan solusi dalam pembinaan moral
siswa SDN 55 Olang Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu.
Dalam konteks penelitian ini, peneliti menggunakan desain penelitian
deskriptif kualitatif dalam bentuk studi kasus yang bersifat eksploratif yang bertujuan
untuk menguraikan sifat dan karakteristik dari suatu fenomena yang ada. Jumlah
populasi keseluruhan adalah 257 siswa. Untuk menentukan sampel diambil 30
siswa. Penelitian ini mengambil 30 sampel dari 3 tingkatan kelas yakni kelas , IV,
V, VI, masing-masing 10 orang. Selanjutnya dalam pengumpulan data, penulis
menggunakan cara: interview, observasi lapangan, dokumentasi dan angket. Dan
selanjutnya peneliti menganalisis data yang diperoleh dengan teknik deskriptif,
interpretatif, dan teknik komperatif.
Berdasarkan hasil riset dari penelitian ini menunjukkan bahwa:
1. Pembinaan moral anak di SDN 55 Olang, sudah semaksimal mungkin dan sudah
terlaksana dengan baik karena pembinaannya berdasarkan pada kebutuhan dan
kondisi di daerah tersebut, hasil penelitian metode ini sangat cocok diterapkan.
2. Hubungan lingkungan keluarga dengan sekolah dalam pembinaan moral anak
dapat terjalin dengan baik karena hubungan orang tua dan guru terjalin komunikasi
dalam pengembangan dan penanaman moral bagi siswa.
3. Hambatan dan solusi dalam pembinaan moral siswa. Hambatan yang dihadapi
adalah berasal dari lingkungan baik lingkungan sekolah, keluarga, maupun
masyarakat, karena keterbatasan ilmu dan kurangnya pemahaman agama. Adapun
solusi yang diberikan adalah agar pemahaman dari ketiga lingkungan tersebut dapat
ditingkatkan dengan metode dan teladan yang baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 363.4 Masalah-masalah yang Berhubungan dengan Moral |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 24 May 2023 06:28 |
Last Modified: | 24 May 2023 06:28 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6255 |
Actions (login required)
View Item |