Saide, Sri Devi (2013) PENGARUH KINERJA GURU TERHADAP MINAT BELAJAR PAI SISWA KELAS IV SDN 93 TOMBANG KECAMATAN WALENRANG KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
![[thumbnail of Sri Devi Saide.pdf]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
Sri Devi Saide.pdf
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK 
Sri Devi Sahide. 2013, Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Minat Belajar PAI Siswa 
Kelas IV SDN 93 Tombang Kecamatan Walenrang 
Kabupaten Luwu. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama 
Islam. Jurusan Tarbiyah Pembimbing (1) Drs. Hisban Thaha, 
M.Ag., (2) Muh. Irfan Hasanuddin, S.Ag., MA. 
Kata Kunci: Kinerja Guru, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam, 
SDN 93 Tombang. 
 Skripsi ini membahas tentang kinerja guru Pendidikan Agama Islam Dalam 
Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Dalam konteks penelitian ini, peneliti 
menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas yakni bagaimana 
guru dapat mengorganisasikan kondisi praktek pembelajaran dan belajar dari 
pengalaman. Penelitian ini dirancang dengan 2 siklus penelitian. Instrumen penelitian 
yang digunakan adalah lembar observasi terhadap guru, dokumentasi, dan catatan 
harian siswa. 
 Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru Pendidikan 
Agama Islam pada SDN 93 Tombang dapat dilihat dari dua siklus penelitian yakni : 
Pertama: Observasi terhadap latar belakang pendidikan guru Pendidikan Agama 
Islam SDN 93 Tombang. Fase persiapan, fase ini guru membuat Rencana 
Pelaksanaan Pembelajaran berdasarkan hasil analisisnya dan kurikulum yang berlaku. 
Kedua: Fase pada saat di kelas, pada fase ini guru mendesain pembelajaran yang 
efektif dan menyenangkan dengan penguasaan materi menyajikan materi dengan 
metode dan media yang tepat berdasarkan kondisi siswa baik itu dari sisi tingkat 
pengetahuan ataupun sisi psikilogisnya. Selanjutnya kinerja guru Pendidikan Agama 
Islam SDN 93 Tombang berpengaruh dalam menciptakan minat belajar siswa pada 
kondisi pembelajaran di kelas terasa kondusif, siswa akan merasa nyaman di dalam 
kelas mengikuti proses pembelajaran, siswa mudah menerima materi yang disajiakan. 
Dalam menciptakan minat dalam proses pembelajaran ada beberapa hal yang menjadi 
tantangan bagi seorang guru diantaranya; tingkat pemahaman siswa yang bervariasi, 
siswa kelelahan karena waktu jam pelajaran yang tidak kondusif, dan keterbatasan 
ketersediaan media pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam | 
| Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos | 
| Date Deposited: | 24 May 2023 06:41 | 
| Last Modified: | 24 May 2023 06:41 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6256 | 
