Munawarah, ST. (2011) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI POLA PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SISWA PADA KELAS VII DI SMP NEGERI 6 SABBANG KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
St. Munawwarah.pdf
Download (2MB)
Abstract
A B S T R A K 
St. Munawwarah, 2011. “Pendidikan Agama Islam Sebagai Pola Pembentukan 
Kepribadian Siswa pada Kelas VII di SMP Negeri 6 Sabbang Kabupaten 
Luwu Utara ”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan 
Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo 
Pembimbing (I) Sukirman, S.S., M.Pd dan Pembimbing (II) 
Dr. Muhaemin, M.A. 
Kata Kunci :Pendidikan Agama Islam, Pembentukan Kepribadian. 
Penelitian ini membahas tentang Pendidikan Agama Islam sebagai Pola 
Pembentukan Kepribadian Siswa pada Kelas VII di SMP Negeri 6 Sabbang 
Kabupaten Luwu Utara. Dalam hal ini adapun yang menjadi pokok permasalahan 
adalah (1) Bagaimana penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam 
meningkatkan pembentukan perilaku kepribadian siswa kelas VII di SMP Negeri 6 
Sabbang, (2) Bagaimana pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam 
meningkatkan pembentukan kepribadian siswa kelas VII di SMP Negeri 6 Sabbang. 
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian deskriftif. Populasi 
penelitian ini berjumlah 101 orang, terdiri atas 10 guru dan 91 siswa kelas VII1, VII2
dan VII3. Selanjutnya dalam pengumpulan data penulis menggunakan cara observasi, 
wawancara, angket dan dokumentasi. Pada teknik analisis data, digunakan jenis data 
penelitian kuantitatif, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik penyajian 
gambar dan analisis statistik deskriftif. 
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa 100% siswa berminat terhadap 
pelajaran agama Islam, sementara 0% mengatakan tidak senang. 100% mengatakan 
bahwa setuju dengan adanya strategi dari guru PAI dalam membentuk pribadi siswa’ 
sementara 0% mengatakan tidak setuju. 80,77% megatakan bahwa ada pengaruh PAI 
dalam membentuk prilaku siswa, sementara 11,53% mengatakan sedikit dan 7,7% 
mengatakan tidak ada. 92,3% mengatakan setuju terhadap kepribadian guru PAI, 
sementara 7,7% mengatakan tidak setuju. 100% mengatakan setuju bahwa bimbingan 
dan konseling dari guru PAI terhadap pembentukan pribadi siswa perlu diterapkan, 
sementara 0% mengatakan tidak perlu. 96,15% mengatakan sangat setuju terhadap 
penerapan PAI dalam membentuk perilaku siswa, 3,85% mengatakan kurang setuju. 
69,23% mengatakan bahwa perilaku yang baik dari guru PAI dalam membentuk 
prilaku kepribadian siswa sangat berpengaruh, sementara 30,77% mengatakan tidak 
setuju. 53,84% mengatakan bahwa perlu ada kedekatan emosional dari guru PAI 
terhadap siswa dalam membentuk pribadi siswa, sementara 7,7% mengatakan sedikit 
dan 38,46% mengatakan tidak ada. 100% mengatakan bahwa perhatian khusus dari 
guru PAI terhadap pembentukan perilaku kepribadian siswa sangat perlu, sementara 
xii 
0% mengatakan tidak perlu. 96,15% mengatakan setuju dengan adanya pembelajaran 
dari guru PAI tentang etika dalam pergaulan sehari-hari, sementara 3,85% 
mengatakan tidak setuju 
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada pembinaan siswa, maka guru 
di SMP Negeri 6 Sabbang menempuh cara seperti melakukan pendekatan psikologi, 
memberikan contoh yang baik melalui dirinya sendiri, dan melakukan kerjasama 
dengan orang tua siswa.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam | 
| Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos | 
| Date Deposited: | 25 May 2023 01:28 | 
| Last Modified: | 25 May 2023 01:28 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6271 | 
