Suharni, Suharni (2011) KEDISIPLINAN GURU DAN DAMPAKNYA TERHADAP PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SDN NO. 471 SALU BANGA DESA SALU BANGA KECAMATAN SULI BARAT KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Suharni.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Suharni, 2011. “Kedisiplinan Guru dan Dampaknya Terhadap Proses Belajar
Mengajar di SDN No. 471 Salu Banga Desa Salu Banga Kec. Suli Barat
Kab. Luwu”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Jurusan
Tarbiyah. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. M. Said Mahmud, Lc., M.A., dan
Pembimbing (II) Drs. Efendi P., M.Sos.I.
Kata Kunci : Kedisiplinan Guru, Proses Belajar Mengajar
Skripsi ini membahas tentang kedisiplinan guru dan dampaknya terhadap
proses belajar mengajar di SDN No. 471 Salu Banga Desa Salu Banga Kecamatan
Suli Barat Kabupaten Luwu, di mana penelitian ini mengangkat permasalahan tentang
(1) Tingkat kedisiplinan guru dalam proses belajar mengajar di SDN No. 471 Salu
Banga Kec. Suli Barat Kab. Luwu dan (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi
rendahnya tingkat kedisiplinan guru dan upaya menanggulanginya dalam proses
belajar mengajar di SDN No. 471 Salu Banga Kec. Suli Barat Kab. Luwu. Dalam
penelitian ini memadukan berbagai macam metode dalam penelitian dikaji dengan
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan pada saat penelitian dilakukan para
responden perlu memiliki persepsi, penghayatan, pengalaman dan penilaian tertentu
yang merefleksikan persepsi tersebut terhadap semua aspek kegiatan di sekolah.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan untuk
mengumpulkan berbagai macam alternatif jawaban dari objek yang dikaji, yakni 1).
Observasi, yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan di lapangan dengan jalan
pengamatan dan pencatatan. 2). Interview, yaitu suatu teknik pengumpulan data
dengan jalan mengadakan wawancara atau tanya jawab kepada pihak-pihak yang
terkait sebagai informan di dalam memberi data. 3). Angket, yaitu teknik
pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau
pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab. Kemudian selanjutnya
keseluruhan data tersebut dianalisis secara kualitatif yaitu data yang dikumpulkan dan
diolah secara kualitatif dengan menggunakan tabel-tabel sederhana kemudian hasil
olahan tersebut dijadikan acuan dasar untuk menganalisa secara kualitatif terhadap
suatu permasalahan yang telah dirumuskan sebelumnya dan memberikan gambaran
mengenai pengaruh kedisiplinan guru terhadap proses belajar mengajar dan hasil
analisis berbentuk tabel frekuensi dan tabel persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh kedisiplinan guru
terhadap proses belajar mengajar bagi siswa dalam mengikuti pelajaran di dalam
kelas senantiasa merasa senang ketika guru dalam melaksanakan proses pembelajaran
yang menyenangkan yakni pemberian materi dibarengi dengan pola pengajaran yang
bervariatif, situasi ini akan membangkitkan kesenangan siswa dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 25 May 2023 02:13 |
Last Modified: | 25 May 2023 02:13 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6276 |
Actions (login required)
View Item |