Sulkaeda, Sulkaeda (2010) Strategi dalam pembelajaran bidang studi Fiqih MTs. Negeri Masamba Kab. Luwu Utara. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Sulkaeda.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Sulkaeda, 2010, Strategi dalam pembelajaran bidang studi Fiqih MTs. Negeri
Masamba Kab. Luwu Utara. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama
Islam, jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN)
Palopo, Pembimbing (I) Rahmawati, M.Ag. (II) Ilham, S.Ag., MA.
Kata kunci : Strategi dalam pembelajaran Bidang Studi Fiqih.
Skripsi ini berjudul strategi dalam pembelajaran bidang studi Fiqih MTs
negeri masamba Kab. Luwu Utara yang membahas berbagai pendekatan yang di
digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran terkhusus pada bidang studi fiqih
agar hasil yang diperoleh maksimal, dan fokus permasalahan pada bagaimana strategi
pembelajaran fiqih serta faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat
proses pembelajaran pada bidang studi fiqih.
Penelitian ini menggunakan desain deskrplif, dengan menentukan populasi
yakni guru fiqih dan siswa MTs Negeri Masamba berjumlah 230 orang. Dan
penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan menentukan sampel
guru 1 orang dan siswa kelas VIII berjumlah 32 orang. Dalam rangka mendapatkan
data yang dibutuhkan, maka dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan dua
metode, yaitu: riset kepustakaan untuk mendapatkan data-data yang bersumber dari
literatur sebagai dasar teori dalam pembahasan. Peneliti juga menggunakan metode
penelitian lapangan untuk mendapatkan data-data di lapangan mengenai perubahan
kepribadian siswa denagn menggunakan interview dan pemberian angket kepada
siswa.
Strategi dalam pembelajaran adalah sebuah keharusan agar hasil yang
diperoleh maksimal, begitupun dalam penelitian ini dengan strategi pembelajaran
siswa lebih maksimal menerima dan memahami materi yang disampaikan oleh
gurunya. Karena, dengan strategi pembelajaran proses penyampaian tidak monoton
dan siswa pun termotivasi mengikuti proses pembelajaran dan tentunya siswa ikut
aktif dalam proses pembelajaran. Namun dalam menerapkan strategi pembelajaran
tentu banyak faktor yang dapat menjadi pendukung dan penghambatnya. Adapun
yang menjadi faktor pendukungnya adalah dukungan kurikulum, kepedulian dan
Keterlibatan Tenaga Pendidik, serta keikhlasan guru dalam mengabdi. Sedangkan
yang menjadi faktor penghambatnya adalah kurangnya sarana dan prasarana,
pembinaan di sekolah tidak diikuti bimbingan orang tua di rumah, terbatasnya jam
pelajaran. Dengan adanya faktor penghambat ini. Maka, pihak sekolah dan guru
senantiasa mengevaluasi proses yang telah berjalan dengan berusaha mencari solusi
yang terbaik agar hasil proses pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X4 Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 25 May 2023 03:03 |
Last Modified: | 25 May 2023 03:03 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6280 |
Actions (login required)
View Item |