Tasrullah, Tasrullah (2011) PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FIQH DI MIS AL-IKHLAS RANTEBARU KEC. RANTEANGGIN KAB. KOLAKA UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Tasrullah.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Tasrullah, 2011. Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Pembelajaran Fiqh Di
MIS Al-Ikhlas Rantebaru Kec.Ranteanggin Kab.Kolaka Utara, Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah
Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo. Pembimbing, (I)
Mustaming, S.Ag., M.HI, (II) Munir Yusuf, M.Pd.
Kata Kunci: Lingkungan belajar, Media, Pembelajaran Fiqh
Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang membahas tentang Pemanfaatan
Lingkungan Sekitar Sebagai Media Pembelajaran Fiqh Di MIS Al-Ikhlas Rantebaru
Kec.Ranteanggin Kab.Kolaka Utara. Permasalahan dalam skripsi ini adalah
Bagaimana Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Pembelajaran Fiqh Di
MIS Al-Ikhlas Rantebaru Kec.Ranteanggin Kab.Kolaka Utara.
Adapun metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode
pengumpulan data yang di dalamnya meliputi angket, wawancara dan dokumentasi.
Untuk pengolahan data digunakan teknik induktif dari khusus ke umum, metode
deduktif dari umum ke khusus serta metode komparatif yakni membandingkan
anatara keduanya.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Fiqh di Madrasah
Ibtidaiyah al-Ikhlas Ranteangin pada dasarnya telah memanfaatkan lingkungan
sekitar sebagai media pembelajaran. Lingkungan yang mendukung pembelajaran fiqh
di Madrasah Ibtidaiyah al-Ikhlas Ranteangin misalnya tempat Wudhu, tanah dan pasir
sekitar sekolah, arah kiblat dan lain sebagainya. Beberapa kendalam proses
pelaksanaan Pembelajaran Fiqh dengan menggunakan media adalah keterampilan
guru di dalam memanfaatkan lingkungan secara maksimal dan keterampilan guru di
dalam merancang media yang lebih kreatif. Hal ini menjadikan proses pembelajaran
kadang menjadi monoton karena ketidaan media pendukung yanfg lebih variatif.
Kepada para guru dapat meningkatkan kemampuan mengajarnya sehingga dapat
mendorong minat dan motivasi belajar siswa menjadi lebih tinggi lagi. Pemerintah
secara aktif memberikan perhatian secara kontinyu kepada para guru dan membina
para guru sehingga memiliki kemampuan instruksional yang lebih memadai. Kepada
semua stakeholder pendidikan dalam arti yang luas sekiranya dapat membantu
lembaga pendidikan di dalam mengembangkan sekolah menjadi sekolah yang lebih
baik dan berkualitas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 25 May 2023 06:54 |
Last Modified: | 25 May 2023 06:54 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6291 |
Actions (login required)
View Item |