PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN METODE RESITASI SISWA KELAS VII SMP YAYASAN PENDIDIKAN NOLING

Tolaja, Warda Rahma (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN METODE RESITASI SISWA KELAS VII SMP YAYASAN PENDIDIKAN NOLING. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Warda Rahma Tolaja AM.pdf] Text
Warda Rahma Tolaja AM.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Warda Rahma Tolaja, 2011. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui
Penerapan Metode Resitasi Siswa Kelas VII SMP Yayasan Pendidikan
Noling”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Tarbiyah
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo. Pembimbing: 1).
Drs. H. Bulu, M.Ag. 2). Drs. Nasaruddin, M.Si.
Kata Kunci: Efektifitas Penerapan Metode Resitasi, Hasil Belajar Siswa Kelas VII
SMP Yayasan Pendidikan Noling.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Research) yang terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi /evaluasi dan refleksi, yang dilaksanakan di SMP Yayasan Pendidikan
Noling, bertujuan untuk menerapkan metode resitasi dalam meningkatkan hasil
belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP semester ganjil tahun
pelajaran 2011/2012 berjumlah 33 orang. Data yang dikumpulkan adalah hasil tes
evaluasi dan hasil lembar observasi. Data dianalisis dengan cara kuantitatif dan
kualitatif. Untuk analisis kuantitatif digunakan statistik deskriptif yaitu nilai rata-rata,
frekuensi, nilai rendah dan nilai tinggi yang diperoleh siswa, diolah menggunakan
SPSS 11.5, sedangkan analisis kualitatif dengan melihat dari hasil lembar observasi
siklus I dan siklus II.
Data yang diperoleh dari hasil observasi dianalisis dengan analisis persentase.
Tindakan pada siklus I yaitu : (1) menyajikan masalah dalam bentuk tugas uraian, (2)
siswa mengerjakan tugas uraian secara individu. Tindakan pada siklus II yaitu : (1)
siswa di bagi dalam 8 kelompok diskusi, dan setiap anggota secara bergantian
mewakili kelompoknya membacakan hasil temuannya. (2) memberikan soal-soal
penerapan dan membahas soal-soal yang dianggap sukar secara klasikal, (3) siswa
didorong untuk lebih percaya diri mengungkapkan gagasan/jawaban hasil temuannya
dengan cara memberikan pujian kepada siswa yang telah menemukan jawaban dari
masalah yang diberikan.
Berdasarkan hasil analisis persentase pada siklus I dan siklus II menunjukkan
bahwa persentase yang tuntas meningkat dari 30,30% menjadi 84,85% dan siswa
yang mengumpulkan tugas pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan dari 81,82%
menjadi 87,12%. Serta rata-rata hasil belajar yang diperoleh pada siklus I dan siklus
II dari 57,73 menjadi 79,30 dengan standar deviasi dari 16,37 menjadi 13,45.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka ditarik kesimpulan bahwa melalui
penerapan metode resitasi terjadi peningkatan belajar matematika siswa kelas VII
SMP Yayasan Pendidikan Noling.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 25 May 2023 07:04
Last Modified: 25 May 2023 07:04
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6293

Actions (login required)

View Item View Item