IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AHLAK BERBASIS MULTIKULTURAL DALAM MENUMBUHKAN MODERASI BERAGAMA SISWA DI MAN PALOPO

KADIR, ST. SYAMSIAH (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AHLAK BERBASIS MULTIKULTURAL DALAM MENUMBUHKAN MODERASI BERAGAMA SISWA DI MAN PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of ST. SYAMSIAH KADIR.pdf] Text
ST. SYAMSIAH KADIR.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
St. Syamsiah Kadir, 2018. “Implementasi Pembelajaran Akidah Ahlak Berbasis
Multikultural dalam Menumbuhkan Moderasi Beragama Siswa
di MAN Palopo.” Skripsi Program Studi Pendidikan Agama
Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Palopo
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Pembelajaran Akidah Ahlak
Berbasis Multikultural dalam Menumbuhkan Moderasi Beragama Siswa di MAN
Palopo. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui konsep pembelajaran akidah
ahlak berbasis multikultural di MAN Palopo dan untuk mengetahui implementasi
pembelajaran akidah ahlak dalam menumbuhkan moderasi beragama yang
berbasis multikultural pada siswa MAN Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian
deskriptif kualitatif. Informan pada penelitian ini yaitu guru akidah ahlak dan
siswa. Penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pembelajaran akidah
ahlak berbasis multikultural di MAN Palopo tercermin nilai-nilai karakter yang
baik yang termuat dalam Silabus dan Rencana Program Pembelajaran (RPP).
Pelaksaanaan pembelajaran akidah ahlak di MAN Palopo dilakukan dengan tiga
tahap yaitu kegiatan membuka pelajaran, penyampaian materi pembelajaran, dan
menutup pembelajaran. Pembelajaran merupakan suatu sistem, yang terdiri dari
berbagai komponen yang saling berhubungan satu dengan yang lain. Komponen
tersebut meliputi: tujuan, guru, siswa, pendekatan, materi, metode, media. Metode
yang digunakan dalam pembelajaran akidah ahlak di MAN Palopo yaitu ceramah,
diskusi, metode uswatun hasanah (contoh teladan), tanya jawab dan praktik.
Adapun media yang digunakan yaitu al-Qur’an dan terjemahannya, buku guru
akidah ahlak untuk kelas XI madrasah aliyah, buku akidah ahlak untuk kelas XI
madrasah aliyah. Adapun pengimplementasia pembelajaran akidah ahlak dalam
menumbuhkan moderasi beragama pada siswa di MAN Palopo yaitu dengan
mengacu pada silabus dan RPP. Pengimplementasian pembelajaran akidah ahlak
dalam menumbuhkan moderasi beragama yang berbasis multikultural pada siswa
telah terealisasikan dengan baik yaitu guru akidah ahlak berupaya mengajarkan
bagaimana bersikap baik, membentuk ahlak mulia pada siswa, sehingga siswa
mempunyai kesadaran dan pemahaman yang tinggi serta kepedulian dan
komitmen untuk menerapkan kebijakan dalam kehidupan sehari-hari. Hal
tersebut tercermin pada perilaku siswa MAN Palopo dengan tumbuhnya sikap
toleran dan memuliakan sesama.
Kata Kunci: Akidah Ahlak, Moderasi Beragama, Multikultural.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 29 May 2023 02:04
Last Modified: 29 May 2023 02:04
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6338

Actions (login required)

View Item View Item