STRATEGI MARKETING PEMBIAYAAN USAHA MIKRO (STUDI BSI KCP TOMONI)

NURWIDIYANA, NURWIDIYANA (2022) STRATEGI MARKETING PEMBIAYAAN USAHA MIKRO (STUDI BSI KCP TOMONI). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NURWIDIYANA.pdf] Text
NURWIDIYANA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurwidiyana, 2022. “Strategi Marketing Pembiayan Usaha Mikro (Studi BSI KCP
Tomoni)”. Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Burhan Rifuddin.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi apa yang digunakan
BSI KCP Tomoni dalam memasarkan produknya terkusus pada produk pembiayaan
mikro dan melihat strategi apa yang paling efektif digunakan dalam memasarkan
produk serta paling banyak menarik minat nasabah. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian kualitatif dengaan pendekatan studi yang dilakukan pada satu objek
penelitiian yaitu BSI KCP Tomoni. Metode pengumpulan data menggunakan metode
wawancara yang dianalisis menggunakan teknik melalui tiga tahap, yang meliputi
tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa BSI KCP Tomoni melakukan strategi
marketing dalam meningkatkan pembiayaan usaha mikro dengan menggunakan
bauran pemasaran yang meliputi place, product, price, promotion, People, Process,
Physical evidence. Bauran pemasaran pada promotion tedapat promosi yang dianggap
kurang efektif seperti promosi lewat komunitas, dan pengiklanan dengan melalui
media elektronik seperti facebook, Twitter, website dan instagram. Yang di anggap
efektif, seperti sistem jemput bola, canvasing atau door to door dan open table.
Kendala pada strategi pemasaran pembiayaan mikro yaitu persaingan dengan bank
konvensional yang lebuh dahulu berkembang dimayarakat, kurangnya pemahaman
masyaraakan akan sistem syariah, adanya maksimal radius untuk calon nasabah
pembiayaan mikro. Solusi dari masalah tersebut memfokuskan pasar pada pengenalan
BSI beserta prodaknya, melakukan sosialisasi mengenai sistem syariah,
memaksimalkan pemasaran pada radius yang telah ditetapkan. Pemasaran
pembiayaan mikro memberikan dampak bagi kantor BSI KCP Tomoni yaitu
meningkatkan jumlah nasabah, meningkatkan pengetahuan masyarakat serta reputasi
bank BSI, meningkatkan pendapatan dan Retur On Asset. Kemudian dampak untuk
masyarakat mendapatkan kemudahan dalam melakukan transaksi, dapat
mengembangkan usahanya dengan melakukan pembiayaan.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Pembiayaan Mikro

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 29 May 2023 02:38
Last Modified: 29 May 2023 02:38
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6340

Actions (login required)

View Item View Item