OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PRODUK PERBANKAN SYARIAH (STUDI KASUS BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU PALOPO)

Ika, Nur (2018) OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PRODUK PERBANKAN SYARIAH (STUDI KASUS BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU PALOPO). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Nur Ika.pdf] Text
Nur Ika.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Nur Ika, 2018 “Optimalisasi Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Produk
Perbankan Syariah (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri
Kantor Cabang Pembantu Palopo)”. Skripsi program studi
Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Pembimbing (1) Dr. Hj.
Ramlah M., M.M. (2) Dr. Adzan Noor Bakri, SE.Sy., M.A., Ek.
Kata Kunci : Optimalisasi, Media sosial, Pemasaran
Permaslahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah pangsa pasar
perbankan syariah diperkirakan akan terus meningkat, sejalan dengan
perkembangan teknologi internet salah satunya adalah media sosial yang terus
juga berkembang. Indonesia salah satu pengguna media sosial terbesar didunia.
Namun faktanya BSM Kcp Palopo masih tertinggal dalam memperkenalkan
produknya melalui media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
sejauh mana optimalisasi media sosial dalam pemasaran produk Bank Syariah
Kantor Cabang Pembantu Palopo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif.
Metode kualitatif deskriptif berupa informasi yang memberikan penjelasan berupa
uraian yang menggambarkan peristiwa atau proses, dalam hal ini data diperoleh
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan
peneliti ada dua yaitu data primer dan data sekunder, serta menganalisis data
tersebut berdasarkan analisis SWOT.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah pemasaran media sosial di Bank
Syariah Mandiri kantor cabang pembantu Palopo perlu di optimalisasi seperti
membuat akun media sosial khusus BSM Kcp Palopo untuk meningkatkan
kegiatan promosi di media sosial agar produk dapat lebih dikenal dan bersaing
dengan produk kompetitor. Menambahkan fitur-fitur produk dengan
memanfaatkan teknologi secara optimal serta mempertahankan kualitas SDM
khususnya di bidang teknologi dan komputer untuk memberikan pelayanan yang
lebih baik agar dapat menghadapi kompititor. Memanfaatkan media sosial yang
cepat menyebar luas di masyarakat untuk memperkenalkan kepada masyarakat
bahwa BSM tidak hanya diperuntukan orang islam saja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 29 May 2023 06:10
Last Modified: 29 May 2023 06:10
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6342

Actions (login required)

View Item View Item