Ika, Nur (2018) OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PRODUK PERBANKAN SYARIAH (STUDI KASUS BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU PALOPO). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Nur Ika.pdf
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK 
Nur Ika, 2018 “Optimalisasi Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Produk 
Perbankan Syariah (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri
Kantor Cabang Pembantu Palopo)”. Skripsi program studi 
Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut 
Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Pembimbing (1) Dr. Hj. 
Ramlah M., M.M. (2) Dr. Adzan Noor Bakri, SE.Sy., M.A., Ek. 
Kata Kunci : Optimalisasi, Media sosial, Pemasaran 
 Permaslahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah pangsa pasar 
perbankan syariah diperkirakan akan terus meningkat, sejalan dengan 
perkembangan teknologi internet salah satunya adalah media sosial yang terus 
juga berkembang. Indonesia salah satu pengguna media sosial terbesar didunia. 
Namun faktanya BSM Kcp Palopo masih tertinggal dalam memperkenalkan 
produknya melalui media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 
sejauh mana optimalisasi media sosial dalam pemasaran produk Bank Syariah 
Kantor Cabang Pembantu Palopo. 
 Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. 
Metode kualitatif deskriptif berupa informasi yang memberikan penjelasan berupa 
uraian yang menggambarkan peristiwa atau proses, dalam hal ini data diperoleh 
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan 
peneliti ada dua yaitu data primer dan data sekunder, serta menganalisis data 
tersebut berdasarkan analisis SWOT. 
 Hasil penelitian yang diperoleh adalah pemasaran media sosial di Bank 
Syariah Mandiri kantor cabang pembantu Palopo perlu di optimalisasi seperti 
membuat akun media sosial khusus BSM Kcp Palopo untuk meningkatkan 
kegiatan promosi di media sosial agar produk dapat lebih dikenal dan bersaing 
dengan produk kompetitor. Menambahkan fitur-fitur produk dengan 
memanfaatkan teknologi secara optimal serta mempertahankan kualitas SDM 
khususnya di bidang teknologi dan komputer untuk memberikan pelayanan yang 
lebih baik agar dapat menghadapi kompititor. Memanfaatkan media sosial yang 
cepat menyebar luas di masyarakat untuk memperkenalkan kepada masyarakat 
bahwa BSM tidak hanya diperuntukan orang islam saja.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan | 
| Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah | 
| Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos | 
| Date Deposited: | 29 May 2023 06:10 | 
| Last Modified: | 29 May 2023 06:10 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6342 | 
