Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Supervisi Pendidikan Di SMP Negeri 1 Noling

Amriah, Amriah (2013) Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Supervisi Pendidikan Di SMP Negeri 1 Noling. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Amriah.pdf] Text
Amriah.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nama : Amriah, nim. 08.16.2.0013, judul: Pengembangan Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam Melalui Supervisi Pendidikan Di SMP Negeri 1 Noling,
Jurusan/Program: Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Palopo,
Pembimbing 1 Drs. Abd Muin Razmal,M.Pd, selaku Pembimbing II Drs.
Mardi Takwim,M.Hi.
Kata Kunci : Supervisi Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana yang dilakukan pendidik untuk
menumbuh kembangkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) melalui kegiatan
pengembangan pembelajaran Pendidikan, serta mewujudkan suasana belajar agar
peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya, memiliki kekuatan
spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian kecerdasan, akhlak mulia, dan
memerlukan keterampilan untuk dirinya bangsa dan negara. Mengenai rumusan
masalah ialah Bagaimana pengembangan pembelajaran pendidikan agama Islam
melalui supervisi pendidikan di SMP Negeri 1 Noling, Faktor apa yang menghambat
pengembangan pendidikan agama Islam melalui supervisi pendidikan di SMP Negeri
1 Noling, Hal apa yang mendukung atau menunjang proses pengembangan
pendidikan agama islam melalui supervisi pendidikan di SMP Negeri 1 Noling.
Mengenai hasil penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif
kualitatif, jenis variabel yang digunakan ialah variabel bebas dan variabel terikat.
Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, interview, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan induktif, deduktif dan komparatif.
Hasil penelitian yang didapatkan di lapangan menunjukkan bahwa dalam
pengembangan pembelajaran pembelajaran pendidikan agama Islam memberikan
arahan kepada guru-guru untuk menggunakan laptop, LCD dan ketepatan waktu
dalam melaksanakan proses pembelajaran. Adapun mengenai faktor yang
menghambat pengembangan pendidikan agama Islam ialah karena kurangnya
penggunaan media ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya minimnta
pengetahuan pengetahuan tentang pentingnya media, sulitnya mendapatkan media
yang diinginkan, keterabatasan dana, pribadi guru yang kurang berminat dan
kemampuan dalam menggunakan media dan situasi yang kurang mendukung. Hal
yang mendukung atau menunjang proses pengembangan pendidikan agama Islam
ialah sarana dan prasarana, buku-buku mata pelajaran, dan motivasi yang diberikan
kepada murid.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 30 May 2023 07:02
Last Modified: 30 May 2023 07:02
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6386

Actions (login required)

View Item View Item