AKTUALISASI KONSEP BERMAIN SAMBIL BELAJAR MENURUT PENDIDIKAN ISLAM DAN IMPLEMENTASINYA DI TAMAN KANAK-KANAK MUTIARA AL-HIJRAH KEC. BONE-BONE KAB. LUWU UTARA

Armawati, Armawati (2011) AKTUALISASI KONSEP BERMAIN SAMBIL BELAJAR MENURUT PENDIDIKAN ISLAM DAN IMPLEMENTASINYA DI TAMAN KANAK-KANAK MUTIARA AL-HIJRAH KEC. BONE-BONE KAB. LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Armawati.pdf] Text
Armawati.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Armawati, 2011, “Aktualisasi Konsep Bermain Sambil Belajar Menurut
Pendidikan Islam dan Implementasinya di Taman Kanak-Kanak Mutiara
Al-Hijrah Kec. Bone-Bone Kab. Luwu Utara”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah STAIN Palopo. Pembimbing (I)
Prof. Dr. H. M. Said Mahmud, Lc., M.A., dan Pembimbing (II) Drs.
Syahruddin, M.H.I.
Kata Kunci : Bermain Sambil Belajar, Pendidikan Islam, TK Mutiara Al-Hijrah
Skripsi ini membahas tentang aktualisasi konsep bermain sambil belajar
menurut pendidikan Islam dan implementasinya di Taman Kanak-Kanak Mutiara Al�Hijrah Kec. Bone-Bone Kab. Luwu Utara, di mana penelitian ini mengangkat
permasalahan tentang (1) Aktualisasi konsep bermain sambil belajar menurut
Pendidikan Islam, (2) Efektivitas penerapan metode pembelajaran bermain dan (3)
Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas penerapan metode pembelajaran
bermain sambil belajar.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan berbagai
macam alternatif jawaban dari objek yang dikaji, yakni a). Tekhnik observasi, yaitu
pengamatan yang dilakukan terhadap objek yang sedang diteliti. Dalam hal ini
penulis menempuh dua cara observasi; langsung dan tidak langsung, b). Teknik
wawancara atau interview, teknik ini digunakan untuk mengetahui atau mendapatkan
asumsi data atau informasi secara langsung dari objek yang sedang diteliti, dan c).
Tekhnik dokumentasi. Dalam hal ini penulis berusaha mengumpulkan data dan
informasi melalui pengkajian naskah-naskah atau arsip-arsip yang ada hubungannya
dengan materi pokok penelitian ini, data tersebut dianalisis secara deskriptif
kemudian hasil olahan tersebut dijadikan acuan dasar untuk menganalisa secara
kualitatif terhadap suatu permasalahan yang telah dirumuskan sebelumnya dan
memberikan gambaran tentang aktualisasi konsep bermain sambil belajar menurut
pendidikan Islam.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran
“bermain sambil belajar”, sangat relevan dikembangkan pada usia Taman Kanak�Kanak, karena pada masa itu, anak memang memiliki kecenderungan besar untuk
bermain dan memang bermain merupakan kebutuhan mendasar bagi anak. Ditemukan
bahwa penerapan metode pembelajaran bermain di TK Mutiara Al-Hijrah Bone-Bone
belum maksimal, walau sudah efektif pada sisi yang lain, yakni anak dapat
rangsangan untuk lebih aktif menggunakan alat permainan yang ada. Sebab dengan
bermain akan terlatih menggunakan kemampuan kognitifnya untuk memecahkan
masalah, seperti mengekspresikan diri, membandingkan, dan seterusnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 30 May 2023 07:07
Last Modified: 30 May 2023 07:07
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6387

Actions (login required)

View Item View Item