Putri, Dian Nata (2013) PROBLEMATIKA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SMAN 4 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Dian Nata Putri.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Dian Nata Putri, 2013 “Problematika Guru Pendidikan Agama Islam dalam
Pembelajaran Agama Islam di SMAN 4 Palopo". Skripsi, Program
Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi
Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo. Pembimbing (1) Drs. M. Amir
Mula, M.Pd.I. (2) Dra. Hj. A. Ria Warda, M.Ag.
Kata Kunci: Problematika, Guru Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) problematika yang
dihadapi guru PAI dalam proses pembelajaran agama Islam di SMAN 4 Palopo,
(2) solusi guru PAI dalam mengatasi problematika yang dihadapi dalam proses
pembelajaran agama Islam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif.
Teknik sampling yang digunakan adalah purpossive sampling dengan jumlah
sampel 3 orang guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket,
wawancara dan dokumentasi. Adapun data diolah dengan menggunakan teknik
induktif, deduktif, dan komparatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Problematika yang dihadapi guru
pendidikan agama Islam dalam proses pembelajaran agama Islam di SMAN 4
Palopo di antaranya adalah minimnya buku paket agama, kurangnya kesadaran
siswa akan pentingnya belajar agama, minimnya pengetahuan dasar siswa tetang
agama, kurangnya kerjasama antara orang tua siswa dengan guru, alokasi waktu
kurang untuk pendidikan agama Islam, perkembangan penggunaan handphone di
kalangan siswa, kebiasaan belajar yang kurang baik, pengaruh lingkungan
pergaulan siswa, dan kurangnya pelatihan bagi guru PAI serta penguasaan metode
dan bahan ajar. 2) Solusi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi
problematika yang dihadapi dalam pembelajaran agama Islam di SMAN 4 Palopo
di antaranya adalah siswa dianjurkan untuk membeli buku paket atau mencopy
buku paket, menyarankan agar siswa membiasakan diri mencari dan membaca
buku-buku yang berkaitan dengan materi dan kebutuhan pembinaan
keagamaannya serta mencari materi melalui internet dan lain-lain, menanamkan
kedisiplinan pada diri guru serta pada siswa, senantiasa memperbaiki diri,
memotivasi siswa agar rajin, tekun, disiplin, sopan, dan memiliki interaksi yang
baik dengan guru sehingga proses pembelajaran berlangsung dengan baik dan
memberikan hasil yang memuaskan, menjalin kerjasama dengan orang tua siswa,
menyarankan agar orang tua senantiasa memperhatikan waktu belajar anaknya di
rumah agar ketika diberikan pekerjaan rumah mereka menyelesaikannya dengan
baik, selain itu diharapkan juga bekerja sama dalam membentuk watak dan
karakter yang baik bagi setiap anak agar proses pembelajaran di sekolah sesuai
dan sejalan dengan apa yang diajarkan oleh orang tua di rumah. Selain itu guru
diharapkan mampu menguasai metode pembelajaran dan penguasaan terhadap
bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 31 May 2023 00:08 |
Last Modified: | 31 May 2023 00:08 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6396 |
Actions (login required)
View Item |