Harianto, Harianto (2013) AKTUALISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH KADUAJA KECAMATAN GANDANGBATU SILLANAN KABUPATEN TANA TORAJA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Harianto.pdf
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK 
Harianto, 2013. “Aktualisasi Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan 
Karakter Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Kaduaja Kecamatan 
Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja”, Skripsi Program Studi 
Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam 
Negeri (STAIN) Palopo. Pembimbing (1) DR. H. Bulu’ K., M.Ag., (2) Drs. 
Efendi P., M.Sos.I. 
Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Karakter Peserta Didik 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa pokok permasalahan yang 
diteliti, yakni a) Bagaimana bentuk pelaksanaan pengajaran PAI sebagai dasar 
pembentukan karakter siswa di MTs. Kaduaja, b) Bagaimana karakter keberagamaan 
siswa MTs. Kaduaja setelah mendapatkan pengajaran PAI, dan 3) Hambatan�hambatan apa yang dihadapi dalam pembentukan karakter siswa melalui Pengajaran 
PAI di MTs. Kaduaja. 
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat 
deskriptif, sehingga dalam menganalisis data penulis menggunakan metode deskriptif 
kualitatif. Adapun metode pengumpulan data penulis menggunakan pengamatan 
berperan serta (observasi), metode wawancara, dan metode angket. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pelaksanaan pengajaran 
pendidikan agama Islam sebagai dasar pembentukan karakter siswa bahwa bimbingan 
dan pembinaan yang dilakukan dalam membentuk karakter siswa-siswi di Madrasah 
Tsanawiyah Kaduaja Kecamatan Gandangbatu Sillanan di antaranya sebagai berikut: 
a) melalui bimbingan salat, b) menjalankan ibadah puasa, c) bimbingan bacaan al�Qur'an. Pendidikan agama Islam diajarkan di MTs. Kaduaja dengan berbagai macam 
cara yang dapat menunjang pelaksanaan pengajaran pendidikan agama Islam untuk 
meningkatkan kualitas keagamaannya dan untuk memudahkan siswa untuk 
menerima, memahami, serta mengamalkan pengajaran pendidikan agama Islam. 
Karakter keberagamaan siswa-siswi MTs. Kaduaja setelah mendapatkan 
pengajaran pendidikan agama Islam, bahwa gejala internal yang berdimensi efektif 
berupa kecenderungan untuk merespon dengan cara yang relatif tetap sikap siswa 
yang positif terhadap guru dan mata pelajarannya pertanda awal yang paling baik 
bagi proses belajar mengajar (PBM) tersebut, dan sebaliknya sikap negatif siswa 
terhadap guru dan mata pelajarannya akan menimbulkan kesulitan dalam proses 
belajar mengajar (PBM) atau siswa akan sulit menerima pelajaran. 
Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pembentukan karakter siswa 
melalui pengajaran PAI di MTs. Kaduaja, yakni : sarana dan prasarana yang masih 
sangat terbatas, dapat diatasi dengan jalan melihat skala prioritas. Pengadaan dan 
penyempurnaan tidak sekaligus, kalau cara ini ditempuh, maka lama-kelamaan akan 
sampai pada tahap yang lebih lengkap. Sementara itu, sarana dan prasarana yang 
sudah ada dimanfaatkan secara efektif dan efisien.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam | 
| Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos | 
| Date Deposited: | 31 May 2023 00:17 | 
| Last Modified: | 31 May 2023 00:17 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6399 | 
