IMPLEMENTASI TUGAS GURU SEBAGAI PENDIDIK DAN PENGELOLA KELAS DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA KADUAJA KECAMATAN GANDANGBATU SILLANAN KABUPATEN TANA TORAJA

Paewang, Hasan (2013) IMPLEMENTASI TUGAS GURU SEBAGAI PENDIDIK DAN PENGELOLA KELAS DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA KADUAJA KECAMATAN GANDANGBATU SILLANAN KABUPATEN TANA TORAJA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Hasan Paewang.pdf] Text
Hasan Paewang.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
HASAN PAEWANG, 2013. “Implementasi Tugas Guru sebagai Pendidik dan
Pengelola Kelas di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Kaduaja Kecamatan
Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja.”, Skripsi Program Studi
xii
Pendidikan Agama Islam. Jurusan Tarbiyah Pembimbing (1) Drs. Hasri, M.A.,
(2) Ratnah Umar, S.Ag., M.H.I.
Kata Kunci : Peranan guru, pendidik, dan pengelola kelas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Pelaksanaan tugas guru sebagai
pendidik di Madrasah Ibtidaiyah Kaduaja Kec. Gandangbatu Sillanan Kab. Tana Toraja.
(2) Pelaksanaan tugas guru sebagai pengelola kelas di Madrasah Ibtidaiyah Kaduaja Kec.
Gandangbatu Sillanan Kab. Tana Toraja, dan (3) Faktor yang menjadi penghambat guru
dalam menerapkan tugas sebagai pendidik dan pengelola kelas di Madrasah Ibtidaiyah
Kaduaja Kec. Gandangbatu Sillanan Kab. Tana Toraja.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat
deskriptif, sehingga dalam menganalisis data penulis menggunakan metode deskriptif
kualitatif serta analisis persentase terhadap angket. Pendekatan yang dilakukan dalam
penelitian ini adalah pendekatan religius, pedagogis, dan sosiologis. Adapun teknik
pengumpulan data penulis menggunakan pengamatan berperan serta (observasi), metode
wawancara, dokumentasi, penelusuran referensi, dan metode angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tugas guru sebagai pendidik di
MI Kaduaja diklasifikasikan dalam: a) guru hadir dan memasuki kelas sebelum kegiatan
pembelajaran diselenggarakan, b) guru menggunakan pakaian seragam yang ditentyukan
sekolah, dan c) guru menggunakan bahasa yang baik dan sopan kepada peserta didik.
Dalam pelaksanaan tugas guru dalam mengelola kelas sebagai lingkungan belajar serta
merupakan aspek yang perlu diorganisasi. Kegiatam pembelajaran harus diperhatikan dan
diatur sedemikian rupa oleh seorang guru di MI Kaduaja yang meliputi: a)
memperhatikan kondisi ruang kelas, b) memperhatikan kebersihan kelas, c) mengatur tata
letak bangku dan murid dalam kelas, d) memperhatikan kondisi peserta didik sebelum
memulai pembelajaran, dan e) membangun dialog, memancing insiatif, dan memberi
motivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran. Mengenai faktor penghambat dalam
pelaksanaan tugas guru sebagai pendidik dan pengelola kelas adalah kurangnya
kemampuan dan kecakapan guru dalam memahami fungsi dan peranannya yang strategis
dalam dunia pendidikan. Upaya untuk menanggulangi hal tersebut adalah dengan
mendorong guru untuk berusaha memiliki kemampuan dan kecakapan melalui berbagai
kegiatan, antara lain workshop, KKG, dan sebagainya.
Implikasi penelitian ini diharapkan agar pemerintah terus menyempurnakan
regulasi mengenai kebijakan pendidikan yang berpihak pada kemaslahatan. Kepada guru
diharapkan untuk terus mengasah dan mengembangkan potensinya sebagai konsekuensi
logis profesionalitas yang dijalani.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 31 May 2023 00:25
Last Modified: 31 May 2023 00:25
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6401

Actions (login required)

View Item View Item