Jasmin, Jasmin (2013) HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Jasmin.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
JASMIN. 2013. Hubungan antara Minat Belajar Dan Prestasi Belajar
Matematika siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Palopo. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Matematika Jurusan Tarbiyah. Pembimbing (I) Drs. Nurdin
Kaso, M.Pd., Pembimbing (II) Drs. Nasaruddin, M.Si.,
Kata Kunci : Hubungan, Minat Belajar Matematika dan Prestasi Belajar
Penelitian ini termasuk penelitian ex-post fakto yang bersifat korelasional
yang akan menyelidiki Hubungan antara Minat Belajar Dan Prestasi Belajar
matematika. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui tingkat prestasi
belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 4 Palopo, 2) Untuk mengetahui
hubungan positif antara minat belajar dan prestasi belajar matematika siswa kelas XI
SMA Negeri 4 Palopo.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Palopo
tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 2 jurusan yaitu IPA dan IPS dimana jumlah
populasi sebanyak 114 orang. Sedangkan jumlah sampel yang digunakan sebanyak
27 orang dari jumlah populasi. Data yang diperoleh dari pelaksanaan penelitian
dianalisis secara statistik yaitu (1) statistik deskriptif untuk mendeskripsikan minat
belajar matematika, (2) statistik inferensial untuk menguji hipotesis, yaitu analisis
korelasi. Skor rata-rata Prestasi belajar matematika siswa mencapai 82,81 dengan
standar deviasi 5,18. Sedangkan rata-rata Minat belajar mencapai 67,33 dengan
standar deviasi 9,59.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara minat belajar dan
prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 4 Palopo sangat positif, hal
ini dibuktikan dengan hasil analisis hipotesis ternyata koofisien korelasi antara X dan
Y sebesar = 0.802. diharapkan sebagai bahan informasi bagi guru matematika untuk
senantiasa bekerjasama memotivasi siswa agar bersungguh-sungguh mempelajari
matematika, dan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar
siswa baik itu faktor internal maupun eksternal. Hasil penelitian ini juga diharapkan
mampu memberikan motivasi kepada siswa agar senantiasa memperhatikan
kefokusannya dalam belajar matematika agar dapat meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 31 May 2023 00:54 |
Last Modified: | 31 May 2023 00:54 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6406 |
Actions (login required)
View Item |