Peranan Perpustakaan Sebagai Sarana Ilmu Pendidikan Agama Islam Bagi Perkembangan Hasil Belajar Siswa SD Negeri 379 Pompengan

Masnia, Masnia (2014) Peranan Perpustakaan Sebagai Sarana Ilmu Pendidikan Agama Islam Bagi Perkembangan Hasil Belajar Siswa SD Negeri 379 Pompengan. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Masnia.pdf] Text
Masnia.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Masnia, 2014 “Peranan Perpustakaan Sebagai Sarana Ilmu Pendidikan Agama
Islam Bagi Perkembangan Hasil Belajar Siswa SD Negeri 379
Pompengan”. Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo.
Pembimbing (I) Drs. Abd. Muin Razmal, M.Pd.,
(II) Drs. Efendi P, M.Sos.I.
Kata Kunci: Peranan, Perpustakaan, Ilmu Pendidikan Agama Islam, Hasil
Belajar Siswa.
Adapun yang menjadi pokok masalah dalam skripsi ini adalah: 1)
perkembangan hasil belajar siswa di SD Negeri 379 Pompengan dengan
memerankan perpustakaan sebagai sarana ilmu pendidikan agama Islam, 2)
Bagaimana fungsi dan peran perpustakaan sebagai sarana Ilmu pendidikan Islam
dalam perkembangan potensi hasil belajar siswa di SD Negeri 379 Pompengan. 3)
Bagaimana hambatan dan cara mengatasi masalah sistem pengelolaan sarana dan
prasarana perpustakaan yang belum lengkap di SD Negeri 379 Pompengan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menganalisis
data secara mendalam tidak berdasarkan angka/persentase. Penelitian ini
menggunakan metode Metode wawancara, yaitu penulis langsung mengadakan
proses tanya jawab yang berkaitan dengan penelitian yang sedang berlangsung
secara lisan kepada setiap responden yang telah ditentukan. Metode dokumentasi,
yaitu penulis langsung melihat, membaca dokumen atau arsip-arsip yang
berhubungan dan diperlukan dalam pembahasan penelitian ini di SD Negeri 379
Pompengan.
Adapun hasil penelitian yakni: 1.Perpustakaan sekolah di SD Negeri 379
Pompengan sangat berperan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. 2.
Keberadaan perpustakaan di SD Negeri 379 Pompengan memberikan konstribusi
kepada siswa khususnya dalam peningkatan hasil belajar siswa dalam pencapaian
tujuan pendidikan terutama dalam bidang mata pelajara Pendidikan Agama Islam
(PAI). Kontribusi tersebut dapat melalui kunjungan rutin siswa ke perpustakaan
atau kunjungan karena adanya tugas yang dibebankan oleh guru kepada siswa yang
bersangkutan. 3. Cara mengatasi masalah sistem pengelolaan sarana dan prasarana
perpustakaan di SD Negeri 379 Pompengan yaitu dengan memberlakukan layanan
sirkulasi dan layanan administrasi, disamping itu pemberian denda 1000/hari
terlambat juga diberlakukan.
Penulis akan mengemukakan saran yang kiranya dapat berguna yaitu: 1.
Kepada seluruh pihak sekolah agar lebih menumbuh kembangkan minat baca siswa
melalui perpustakaan. 2. Kepada pustakawan agar menambah sarana dan prasarana
perpustakaan dengan cara membuat proposal bantuan pengadaan buku kepada
pemerintah setempat, 3. Diharapkan bagi guru pendidikan agama Islam untuk
meningkatkan prsetasi siswa dengan cara memfungsikan perpustakaan yang ada

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Karya Umum, Komputer, informasi dan referensi umum > 027.8 Perpustakaan Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 31 May 2023 05:40
Last Modified: 31 May 2023 05:40
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6420

Actions (login required)

View Item View Item