Niar, Niar (2013) Efektivitas Program Remedial dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Keals VIII Pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Walenrang. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Niar.pdf
Download (900kB)
Abstract
ABSTRAK 
Niar, 2013, “Efektivitas Program Remedial dalam Meningkatkan Prestasi Belajar 
Siswa Keals VIII Pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 
Walenrang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan 
Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo. 
Pembimbing 
Kata kunci : Efektivitas program remedial, Pendidikan Agama Islam, Prestasi 
Belajar. 
 Skripsi ini membahas tentang efektivitas program remedial dalam 
meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran pendidikan 
agama Islam di SMPN 2 Walenrang. Fokus penelitian diarahkan pada tiga 
masalah yakni : (1) Sikap dan tanggapan guru terhadap program remedial, (2) 
efektifitas program remedial dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII 
pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 2 Walenrang, (3) Faktor 
penghambat dan pendukung efektifitas program remedial dalam menigkatkan 
prestasi belajar siswa kelas VIII mata pelajaran pendidikan agama islam di SMPN 
2 Walenrang. 
 Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 
Walenrang dengan jumlah siswa 62 siswa, dipilih sampel sebanyak 30 siswa, 
yang diambil dari siswa yang tidak tuntas secara Purposive Sampling. Penelitian 
ini termasuk penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan 
adalah triangulasi yakni gabungan dari observasi, wawancara, kuesioner dan 
dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data digunakan pendekatan deskriptif 
kualitatif. 
 Hasil penelitian menunjukkan bahwa program remedial tidak 
memperlihatkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII mata 
pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 2 Walenrang, guru dalam 
melaksanakan program remedial tidak menggunakan metode bervariasi, serta 
guru tidak melakukan bimbingan individu kepada siswa yang mengalami 
kesulitan belajar. 
 Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan 
program remedial dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII pada 
mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 2 Walenrang belum efektif. 
Adapun faktor-faktor yang dapat menghambat efektifitas program remedial adalah 
(1) kurangnya pemahaman guru terhadap program remedial, (2) rendahnya 
kemampuan dasar siswa, (3) Perhatian siswa masih kurang. Sehingga dengan 
demikian perlu adanya pembinaan kepada guru dalam meningkatkan 
kemampuannya melaksanakan program remedial sehingga tercapai pembelajaran 
yang kondusif, efektif, efisien dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam | 
| Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos | 
| Date Deposited: | 31 May 2023 07:14 | 
| Last Modified: | 31 May 2023 07:14 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6426 | 
