Efektivitas Program Remedial dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Keals VIII Pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Walenrang

Niar, Niar (2013) Efektivitas Program Remedial dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Keals VIII Pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Walenrang. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Niar.pdf] Text
Niar.pdf

Download (900kB)

Abstract

ABSTRAK
Niar, 2013, “Efektivitas Program Remedial dalam Meningkatkan Prestasi Belajar
Siswa Keals VIII Pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2
Walenrang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan
Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo.
Pembimbing
Kata kunci : Efektivitas program remedial, Pendidikan Agama Islam, Prestasi
Belajar.
Skripsi ini membahas tentang efektivitas program remedial dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran pendidikan
agama Islam di SMPN 2 Walenrang. Fokus penelitian diarahkan pada tiga
masalah yakni : (1) Sikap dan tanggapan guru terhadap program remedial, (2)
efektifitas program remedial dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII
pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 2 Walenrang, (3) Faktor
penghambat dan pendukung efektifitas program remedial dalam menigkatkan
prestasi belajar siswa kelas VIII mata pelajaran pendidikan agama islam di SMPN
2 Walenrang.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2
Walenrang dengan jumlah siswa 62 siswa, dipilih sampel sebanyak 30 siswa,
yang diambil dari siswa yang tidak tuntas secara Purposive Sampling. Penelitian
ini termasuk penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah triangulasi yakni gabungan dari observasi, wawancara, kuesioner dan
dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data digunakan pendekatan deskriptif
kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program remedial tidak
memperlihatkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII mata
pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 2 Walenrang, guru dalam
melaksanakan program remedial tidak menggunakan metode bervariasi, serta
guru tidak melakukan bimbingan individu kepada siswa yang mengalami
kesulitan belajar.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan
program remedial dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII pada
mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 2 Walenrang belum efektif.
Adapun faktor-faktor yang dapat menghambat efektifitas program remedial adalah
(1) kurangnya pemahaman guru terhadap program remedial, (2) rendahnya
kemampuan dasar siswa, (3) Perhatian siswa masih kurang. Sehingga dengan
demikian perlu adanya pembinaan kepada guru dalam meningkatkan
kemampuannya melaksanakan program remedial sehingga tercapai pembelajaran
yang kondusif, efektif, efisien dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 31 May 2023 07:14
Last Modified: 31 May 2023 07:14
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6426

Actions (login required)

View Item View Item