POLA PEMBINAAN GURU AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA SDN 172 TOMONI KABUPATEN LUWU TIMUR

Nismawati, Nismawati (2012) POLA PEMBINAAN GURU AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA SDN 172 TOMONI KABUPATEN LUWU TIMUR. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Nismawati.pdf] UNSPECIFIED
Nismawati.pdf
Restricted to UNSPECIFIED

Download (1MB)

Abstract

A B S T R A K
Nismawati, 2012. Pola Pembinaan Guru Agama Islam dalam Meningkatkan
Akhlakul Karimah Siswa SDN 172 Tomoni Kabupaten Luwu Timur.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Palopo, Pembimbing (I) Drs.
Abdul Muin Razmal, M.Pd. (II) M. Irfan Hasanuddin, S.Ag., MA.
Kata Kunci : Pola Pembinaan Guru Agama Islam dan Meningkatkan Akhlakul
Karimah
Berangkat dari judul tersebut, maka yang menjadi permasalahannya adalah 1)
Bagaimana pola pembinaan guru dalam membina Akhlakul Karimah SDN 172
Tomoni Kabupaten Luwu Timur, 2) Bagaiamana kondisi Akhlakul Karimah siswa
SDN 172 Tomoni, Kabupaten Luwu Timur, 3) Apa hambatan guru SDN 172 Tomoni
dalam membina Akhlakul Karimah siswa SDN 172 Tomoni Kabupaten Luwu Timur.
Berkenan dengan objek penelitian ini, menggunakan desain penelitian
kualitatif deskriptif, dengan mendeskripsikan data dan temuan penelitian dalam
bentuk uraian mendalam. Agar penelitian sistematis dan lebih terarah, maka
dirancang melalui lima tahapan, yaitu: tahap identifikasi masalah penelitian,
menyusun proposal penelitian, tahap pengumpulan data penelitian, tahap analisis
data penelitian, dan tahap penyusunan laporan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pola Pembinaan Guru Agama Islam
dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Siswa SDN 172 Tomoni Kabupaten Luwu
Timur dapat dikatakan sangat berperan, karena dapat membentuk akhlak siswa
menjadi akhlak mulia melalui berbagai variasi metode, seperti metode keteladanan,
kebiasaan, nasehat, disiplin, cerita, partisipan dan lain-lainnya itu dapat
mengantarkan siswa untuk menjadi manusia yang beribadah hanya pada Allah dan
menjadi suri teladan bagi masyarakat sekitarnya.
Faktor penunjang pembinaan akhlakul karimah bagi siswa di SDN 172
Tomoni Kabupaten Luwu Timur baik berdasarkan data informan maupun data
angket adalah faktor sarana dan prasarana, faktor dukungan siswa, faktor kualitas
para guru, dan faktor komunikasi antara guru dan siswa. Di samping faktor tersebut,
juga pihak orang tua siswa melakukan suatu langkah positif dalam menegakkan
pembinaan akhlak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 05 Jun 2023 05:39
Last Modified: 05 Jun 2023 05:39
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6455

Actions (login required)

View Item View Item