EFEKTIVITAS KINERJA KELOMPOK KERJA GURU (KKG) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MENGAJAR GURU PAI DI SDN NO. 13 TAPPONG KOTA PALOPO

Zainuddin, Nurmi Aprilianti (2013) EFEKTIVITAS KINERJA KELOMPOK KERJA GURU (KKG) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MENGAJAR GURU PAI DI SDN NO. 13 TAPPONG KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Nurmi Aprilianti Zainuddin.pdf] Text
Nurmi Aprilianti Zainuddin.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Aprilianti, Z. Nurmi. 2013 “Efektivitas Kinerja Kelompok Kerja Guru (KKG)
dalam Meningkatkan Kualitas Mengajar Guru PAI di SDN No. 13
Tappong Kota Palopo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama
Islam, Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Palopo,
Pembimbing (I), Drs. Syamsu Sanusi, M.Pd.I., Pembimbing (II),
Mawardi, S.Ag., M.Pd.I.
Kata kunci: Kelompok Kerja Guru (KKG), Kualitas Mengajar.
Skripsi ini membahas tentang efektvitas kinerja Kelompok Kerja Guru (KKG)
dalam meningkatkan kualitas mengajar guru PAI, Kelompok Kerja Guru (KKG)
berpengaruh terhadap kualitas mengajar guru, serta kendala yang dihadapi oleh
Kelompok Kerja Guru (KKG), dan cara penanggulangannya pada SDN No. 13
Tappong Kota Palopo . Adapun tujuan yang ingin dicapai yaitu untuk mengetahui
efektivitas Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam meningkatkan kualitas mengajar
guru PAI, pengaruh Kelompok Kerja Guru (KKG) terhadap kualitas mengajar guru
PAI, dan mengetahui kendala serta cara penanggulangan Kelompok Kerja Guru
(KKG) pada SDN No. 13 Tappong Kota Palopo. Untuk memperoleh data yang
dibutuhkan, maka penulis menggunakan metode kepustakaan untuk memperkuat
landasan teori, dan metode lapangan sebagai metode mengumpulkan data di lokasi
penelitian melalui observasi, interview, dan angket atau kuisioner dan dokumentasi.
Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat dikemukakan bahwa gambaran
Efektivitas kinerja Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam meningkatkan kualitas
mengajar guru PAI di SDN No. 13 Tappong Kota Palopo yaitu sangat efektif sebab
kinerja KKG merupakan wadah kebersamaan guru seprofesi dalam menentukan
rencana dan program pembelajaran, menjadi wadah penyelesaian masalah
pembelajaran. Berfungsi membantu kelancaran pencapaian tujuan pendidikan dasar,
merupakan wadah untuk meningkatkan kreativitas mengajar guru dan mampu
mengarahkan guru untuk memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar
bagi siswa.
Gambaran tentang Kelompok Kerja Guru (KKG) berpengaruh terhadap
kualitas mengajar guru PAI di SDN No. 13 Tappong Kota Palopo, yaitu
mengarahkan guru sebagai demonstrator yang baik, meningkatkan kompetensi guru
sebagai mediator dan fasilitator, dan melatih guru secara profesional sebagai
evaluator. Adapun kendala serta cara penanggulangan yang dilakukan oleh para
peserta KKG pada SDN No. 13 Tappong Kota Palopo, yaitu sulitnya mengatur
jadwal yang tepat dalam menyelesaikan setiap agenda pada setiap kali pertemuan,
solusinya yaitu melakukan pertemuan di akhir setiap jam mengajar dengan
melakukan kesepakatan terlebih dahulu, selain itu munculnya keanekaragman bentuk
RPP.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 05 Jun 2023 06:06
Last Modified: 05 Jun 2023 06:06
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6463

Actions (login required)

View Item View Item