Awaliana, Shinta (2013) IDENTIFIKASI TINGKAT KESULITAN DALAM PENERAPAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)BAGI GURUPENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 BONE - BONE. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Shinta Awaliana.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Shinta Awaliana 2013, Identifikasi Tingkat Kesulitan dalam Penerapan Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Bagi Guru Pendidikan Agama Islam di
SMP Negeri 1 Bone-Bone Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan
Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo.
Pembimbing (I) Drs.Hasbi, M.Ag., Pembimbing (II) Munir Yusuf, S.Ag,
M.Pd.
kata Kunci : Tingkat kesulitan Guru Agama Islam Dalam Penerapan Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
Skripsi ini membahas Identifikasi Tingkat Kesulitan dalam Penerapan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Bagi Guru Pendidikan Agama Islam
di SMP Negeri 1 Bone-Bone. Kurikulum tingkat satuan pendidikan merupakan
model kurikulum yang memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi seluruh bidang
studi (penyelenggara program pendidikan) untuk menyusun materi bahan ajar,
memilih srategi pembelajaran, dan menciptakan sumber belajar masing- masing yang
disesuaikan dengan latar belakang budaya, tingkat kompetensi, dan karakteristik
siswa.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif
deskriftif, dengan mendiskripsikan data dan temuan penelitian dalam bentuk uraian
mendalam kemudian dikaitkan dengan data lainnya untuk mendapatkan kejelasan
terhadap suatu kebenaran. Teknik pengumpulan data yaitu observasi atau
pengamatan langsung, dokumentasi berdasarkan dokumen-dokumen resmi SMP
Negeri Bone- Bone, dan wawancara.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis, Identifikasi Tingkat
Kesulitan dalam Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Bagi
Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Bone-Bone dapat disimpulkan
bahwa kesulitan dalam penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
didalam proses belajar mengajar adalah, kurangnya persiapan guru dalam proses
belajar mengajar dalam hal ini berupa penguasaan metode, kurangnya kreatifitas
dalam proses belajar mengajar, kurangnya pengayaan, jumlah antara guru agama
Islam dan siswa tidak seimbang
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 06 Jun 2023 00:41 |
Last Modified: | 06 Jun 2023 00:41 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6482 |
Actions (login required)
View Item |