Andarwati, Sri (2013) TINGKAT PENCAPAIAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD) MATA PELAJARAN SEJARAH DAN KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII DI MTS AL-JIHAD BUANGIN KAB. LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
![[thumbnail of Sri Andarwati.pdf]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
Sri Andarwati.pdf
Download (1MB)
Abstract
A B S T R A K 
Sri Andarwati, 2013. Tingkat Pencapaian Standar Kompetensi (Sk) Dan Kompetensi 
Dasar (Kd) Mata Pelajaran Sejarah Dan Kebudayaan Islam Kelas Viii Di MTs Al�Jihad Buangin Kab. Luwu Utara. Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam 
Negeri (STAIN) Palopo. Pembimbing (I) Dr. Hasbi, M. Ag., dan Drs. Mardi Takwim, 
M. H.I Pembimbing (II) 
Kata kunci: Tingkat Pencapaian Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar 
(KD) 
Skripsi ini adalah salah satu tinjauan studi yang bertujuan untuk mengetahui 
tingkat pencapaian Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) mata 
pelajaran Sejarah dan Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs al-Jihad Buangin Kab. 
Luwu Utara dan untuk mengerahui faktor yang menghambat pencapaian Standar 
Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran Sejarah dan 
Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs al-Jihad Buangin Kab. Luwu Utara. 
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan 
dua tahap yaitu: tahap kegiatan pra lapangan dan tahap kegiatan lapangan penulis 
mengolah dan menganalisa dengan menggunakan deskriptif kualitatif, di mana data 
yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terkait dengan 
permasalahan, dan teknik pengolahan data yang digunakan yaitu redukdi data, 
penyajian data dan penarikan kesimpulan serta teknik keabsahan data. 
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa Tingkat pencapaian standar 
kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran sejarah dan kebudayaan Islam kelas 
VIII di MTs al-Jihad Buangin Kab. Luwu Utara berorientasi pada 3 aspek, yaitu 
kognitif, apektif, dan psikomotorik siswa. 
 Faktor yang menghambat pencapaian standar kompetensi dan kompetensi 
dasar mata pelajaran sejarah dan kebudayaan Islam kelas VIII di MTs. al-Jihad 
Buangin Kab. Luwu Utara adalah faktor komunikasi guru dan siswa dalam proses 
pembelajaran, tingkat penguasaan guru terhadap materi ajar, dan faktor fisik dan 
psikis siswa. Adapun upaya mengatasi faktor yang menghambat pencapaian standar 
kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran sejarah dan kebudayaan Islam kelas 
VIII di MTs. al-Jihad Buangin Kab. Luwu Utara adalah memperbaiki komunikasi 
antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran, meningkatkan kompetensi guru, 
dan memperhatikan kondisi fisik dan psikis siswa dalam proses pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 200 Agama > 2X6.7 Kebudayaan Islam | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam | 
| Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos | 
| Date Deposited: | 06 Jun 2023 00:51 | 
| Last Modified: | 06 Jun 2023 00:51 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6484 | 
