Andarwati, Sri (2013) TINGKAT PENCAPAIAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD) MATA PELAJARAN SEJARAH DAN KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII DI MTS AL-JIHAD BUANGIN KAB. LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Sri Andarwati.pdf Download (1MB) |
Abstract
A B S T R A K
Sri Andarwati, 2013. Tingkat Pencapaian Standar Kompetensi (Sk) Dan Kompetensi
Dasar (Kd) Mata Pelajaran Sejarah Dan Kebudayaan Islam Kelas Viii Di MTs Al�Jihad Buangin Kab. Luwu Utara. Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam
Negeri (STAIN) Palopo. Pembimbing (I) Dr. Hasbi, M. Ag., dan Drs. Mardi Takwim,
M. H.I Pembimbing (II)
Kata kunci: Tingkat Pencapaian Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar
(KD)
Skripsi ini adalah salah satu tinjauan studi yang bertujuan untuk mengetahui
tingkat pencapaian Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) mata
pelajaran Sejarah dan Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs al-Jihad Buangin Kab.
Luwu Utara dan untuk mengerahui faktor yang menghambat pencapaian Standar
Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran Sejarah dan
Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs al-Jihad Buangin Kab. Luwu Utara.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan
dua tahap yaitu: tahap kegiatan pra lapangan dan tahap kegiatan lapangan penulis
mengolah dan menganalisa dengan menggunakan deskriptif kualitatif, di mana data
yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terkait dengan
permasalahan, dan teknik pengolahan data yang digunakan yaitu redukdi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan serta teknik keabsahan data.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa Tingkat pencapaian standar
kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran sejarah dan kebudayaan Islam kelas
VIII di MTs al-Jihad Buangin Kab. Luwu Utara berorientasi pada 3 aspek, yaitu
kognitif, apektif, dan psikomotorik siswa.
Faktor yang menghambat pencapaian standar kompetensi dan kompetensi
dasar mata pelajaran sejarah dan kebudayaan Islam kelas VIII di MTs. al-Jihad
Buangin Kab. Luwu Utara adalah faktor komunikasi guru dan siswa dalam proses
pembelajaran, tingkat penguasaan guru terhadap materi ajar, dan faktor fisik dan
psikis siswa. Adapun upaya mengatasi faktor yang menghambat pencapaian standar
kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran sejarah dan kebudayaan Islam kelas
VIII di MTs. al-Jihad Buangin Kab. Luwu Utara adalah memperbaiki komunikasi
antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran, meningkatkan kompetensi guru,
dan memperhatikan kondisi fisik dan psikis siswa dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X6.7 Kebudayaan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 06 Jun 2023 00:51 |
Last Modified: | 06 Jun 2023 00:51 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6484 |
Actions (login required)
View Item |