STRATEGI MANAJEMEN USAHA DALAM MENGGAMBARKAN PENGHASILAN UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19 KOTA PALOPO

MARSELA, ANI (2022) STRATEGI MANAJEMEN USAHA DALAM MENGGAMBARKAN PENGHASILAN UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19 KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of ANI MARSELA.pdf] Text
ANI MARSELA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Ani Marsela, 2022. “Strategi Manajemen Usaha dalam Menggambarkan
Penghasilan UMKM di masa Pandemi Covid-19 Kota Palopo”. Skripsi
Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam. Dosen Pembimbing Nurul Khairani Abduh, S.Pd., M.Pd.
Skripsi ini membahas tentang Strategi Manajemen Usaha dalam
Menggambarkan Penghasilan UMKM di masa Pandemi Covid-19 Kota Palopo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk strategi manajemen usaha pada
penghasilan UMKM di Kota Palopo selama pandemi Covid-19.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif
dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dengan pelaku usaha
Fathan Bakery, Durian Baper, Lalapan Bu Dia. Sumber data adalah data primer
yang diperoleh dari pelaku usaha yaitu, Fathan Bakery, Durian Baper, dan
Lalapan Bu Dia. Data sekunder diperoleh dari buku, buku elektronik, dan jurnal.
Setelah data diolah menggunakan analisis deskriptif kemudian dianalisis
menggunakan teknik Analisis SWOT.
Hasil dari penelitian ini bahwa Matrix Internal Factors (IFAS) dan Matrix
External Factors (EFAS) menunjukkan bahwa pelaku usaha Fahtan Bakery berada
pada sumbu Strenght-Opportunity (SO) yakni kuadran I, yaitu strategi agresif dengan
memanfaatkan kekuatan (strength) internal usaha untuk mendapatkan keuntungan
dari peluang (opportunity) eksternal usaha untuk mencapai pertumbuhan usaha
yang meningkat. Terdapat pada usaha Durian Baper sama halnya dengan usaha
fathan bakery berada pada sumbu Strenght-Opportunity (SO) yakni kuadran I.
Berbeda dengan usaha Lalapan Bu Dia berda pada sumbu Strength-Threats (ST)
yakni Kuadran II, yaitu usaha disarankan untuk melakukan strategi diversifikasi
dengan memanfaatkan kekuatan (strength) internl usaha untuk menghadapi
berbagai ancaman (threats) yang ada.
Kata kunci : Covid-19, Strategi, UMKM, Manajemen

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 06 Jun 2023 01:04
Last Modified: 06 Jun 2023 01:04
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6486

Actions (login required)

View Item View Item