Sumardi, Sumardi (2010) PENGARUH PSIKOLOGI PENDIDIKAN TERHADAP KEBERHASILAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 1 MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Sumardi.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Sumardi, 2010, “Pengaruh Psikologi Pendidikan terhadap Keberhasilan
Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Masamba Kab. Luwu Utara”, Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah. Pembimbing (I)
Dra. St. Marwiyah, M.Ag. dan Pembimbing (II) Mawardi, S.Ag., M.Pd.I.
Kata Kunci : Psikologi Pendidikan, Pendidikan Agama Islam, SMPN 1 Masamba.
Skripisi ini membahas tentang pengaruh psikologi pendidikan terhadap
keberhasilan Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Masamba Kab. Luwu Utara.
Penelitian ini membahas permasalahan tentang 1). Pengaruh psikologi pendidikan
terhadap keberhasilan pendidikan agama Islam dan 2). Peran psikologi pendidikan
terhadap keberhasilan pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter siswa di
SMP Negeri 1 Masamba. Hal ini diindikasikan dengan kualitas obyektif guru
Pendidikan Agama Islam di sekolah, bahwa guru pendidikan agama Islam adalah
tolak ukur akhlak karimah siswa SMPN 1 Masamba.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan untuk
mengumpulkan berbagai macam alternatif jawaban dari objek yang dikaji, yakni 1).
Observasi, atau kegiatan yang dilakukan penulis mengadakan pengamatan langsung
terhadap obyek penelitian. 2) W,awancara, atau suatu instrumen penelitian melalui
pendekatan individu, berupa tanya jawab langsung. 3) Angket, di mana penulis
menyiapkan daftar pertanyaan yang diberikan kepada semua responden. Kemudian
selanjutnya keseluruhan data tersebut dianalisis secara kualitatif dan diolah secara
kualitatif dengan menggunakan tabel sederhana sebagai acuan dasar untuk
menganalisa secara kualitatif terhadap permasalahan yang telah dirumuskan
sebelumnya dan memberikan gambaran mengenai pengaruh psikologi pendidikan
terhadap keberhasilan Pendidikan Agama Islam.
Keberhasilan program pendidikan dalam hal ini potensi lulusannya tidak
hanya ditentukan oleh pembinaan program, tetapi juga oleh para penggunaan lulusan
dan masyarakat. Pada umumya, sikap seorang guru profesional menunjukkan sikap
sadar tujuan karena dalam melaksanakan sesuatu ia harus mengetahui mengapa dan
untuk apa sesuatu itu dilakukan. Oleh sebab itu, dalam melaksanakan tugasnya
sebagai pengajar, ia harus merumuskan apa yang ingin dicapai dalam proses belajar
mengajar. Oleh karena itu, pengaruh psikologi pendidikan terhadap keberhasilan
pendidikan agama Islam di sekolah tidak terlepas dari peran dan fungsi seorang guru
yang tak lepas dari kemampuan individu karena guru untuk memantapkan pengajaran
agama Islam di sekolah, guru harus betul-betul menguasai metode-metode mengajar.
Proses transfer ilmu terhadap siswa, guru SMP Negeri 1 Masamba telah memenuhi
tiga jenis variabel dari sekian banyak jenis variabel yang dapat menentukan
keberhasilan belajar siswa dalam menciptakan kondisi belajar yang efektif. Ketiga
variabel tersebut antara lain a). Melibatkan siswa secara aktif, b). Menarik minat dan
perhatian siswa, serta c). Membangkitkan motivasi siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 06 Jun 2023 01:14 |
Last Modified: | 06 Jun 2023 01:14 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6488 |
Actions (login required)
View Item |