Suriani, Suriani (2011) EFEKTIFITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI KREATIVITAS GURU MERANCANG PERANGKAT PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH MURANTE KECAMATAN SULI KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Suriani.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Suriani, 2011. “Efektifitas Pendidikan Agama Islam Melalui Kreativitas Guru
Merancang Perangkat Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Murante
Kecamatan Suli Kabupaten Luwu”. Skripsi Program Studi Pendidikan
Agama Islam, Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
(STAIN) Palopo. Pembimbing (I) Drs. Syamsu Sanusi, M.Pd.I., dan
Pembimbing (II) Abdain, S.Ag., M.H.I.
Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Kreativitas Guru, Perangkat Pembelajaran
Skripsi ini dilatarbelakangi bahwa sesuai dengan tuntutan pendidikan dan
kemajuan teknologi membuat para guru harus kreatif dalam melaksanakan tugasnya,
memberikan pelajaran kepada siswa secara profesional dengan metode pengajaran
yang efisien dan efektif melalui pembaharuan serta adanya kecakapan yang maksimal
yang dimiliki oleh seorang guru, sehingga guru tersebut tidak akan sulit untuk
memberikan pelajaran kepada siswa, sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh
guru dalam mengajar.
Masalah yang dibahas adalah: 1) bagaimana efektifitas pembelajaran agama
Islam melalui kreativitas guru merancang perangkat pembelajaran di MTs Murante
Kec. Suli Kab. Luwu, 2) apa kendala dan upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam
pembelajaran agama Islam melalui kreativitas guru merancang perangkat
pembelajaran di MTs Murante Kec. Suli Kab. Luwu.
Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif yang
bersifat deskriptif dimana dilakukan dengan cara a). observasi atau pengumpulan data
yang dilakukan dengan jalan pengamatan dan pencatatan, b). Interview atau
pengumpulan data dengan jalan mengadakan wawancara, dan c). Angket atau
pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan.
Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas guru merancang
perangkat pembelajaran di MTs Murante adalah salah satu komponen proses belajar
mengajar, metode memiliki arti penting dan patut diperhitungkan dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa. Tanpa menggunakan metode, kegiatan interaksi
edukatif tidak akan berproses. Karena itu penetapan metode yang akan digunakan
sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Efektivitas pembelajaran agama Islam di MTs Murante yakni: (a).
Pendekatan diantaranya pendekatan religius, pendekatan filosofis, pendekatan sosio
kultural, pendekatan scientific. (b). Metode pengajaran diantaranya metode ceramah,
diskusi, tanya jawab, demonstrasi, karyawisata, penugasan, pemecahan masalah,
simulasi, eksperimen, penemuan, unit, sosio drama, kerja kelompok, studi
kemasyarakatan, penganjaran berprogram, pengajaran modul. (c). Kendala dan upaya
yang dilakukan oleh guru PAI. Hambatan utama yang dihadapi MTs Murante adalah:
a) Masih kurangnya sarana dan prasarana sekolah, b). Kurangnya pembinaan
terhadap siswa, serta c). Faktor lingkungan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 06 Jun 2023 01:29 |
Last Modified: | 06 Jun 2023 01:29 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6489 |
Actions (login required)
View Item |