HUBUNGAN PELAYANAN DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KElAS XI SMA NEGERI 4 KOTA PALOPO

Fadilla, Vina (2013) HUBUNGAN PELAYANAN DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KElAS XI SMA NEGERI 4 KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Vina Fadilla.pdf] Text
Vina Fadilla.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Fadilla, Vina. 2013 “Hubungan Pelayanan dan Pemanfaatan Perpustakaan
terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 4
Palopo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan
Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Palopo, Pembimbing
(I), Dr. H. Muhazzab Said, M.Si. Pembimbing (II), Taqwa, S.Ag.,
M.Pd.I.
Kata kunci: Pelayanan dan Pemanfaatan Perpustakaan, Prestasi Belajar.
Skripsi ini membahas tentang hubungan antara pelayanan dan pemanfaatan
perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa dan bagaimana pelayanan dan
pemanfaatan perpustakaan di SMA Negeri 4 Plalopo. Adapun tujuan yang ingin
dicapai yaitu untuk mengetahui hubungan antara pelayanan dan pemanfataan
perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 4 Palopo, dan
untuk mengetahui pelayanan dan pemanfaatan perpustakaan di SMA Negeri 4
Palopo.
Untuk memperoleh data yang dibutuhkan, maka penulis menggunakan
metode kepustakaan untuk memperkuat landasan teori, dan metode lapangan sebagai
metode mengumpulkan data di lokasi penelitian melalui observasi, interview, dan
angket atau kuisioner dan dokumentasi.
Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat dikemukakan bahwa gambaran
hubungan antara pelayanan dan pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar
siswa kelas XI SMA Negeri 4 Palopo adalah sangat berpengaruh sebab hal tersebut
dapat dilihat melalui respon para wali kelas XI dalam memberikan respon positif
terhadap semua item pertanyaan yang ada.
Gambaran pelayanan dan pemanfaatan perpustakaan di SMA Negeri 4 Palopo
sangatlah baik dan mendukung bagi perkembangan belajar siswa, hal tersebut
diindikasikan dengan bentuk pelayanan yang cukup baik dan ramah yang diberikan
oleh pegawai, dan banyaknya tugas yang diselesaikan oleh siswa di ruang
perpustakaan.
Adapun saran yang dapat disampaikan adalah Kepala sekolah selaku
pimpinan untuk senantiasa memperhatikan fasilitas perpustakaan yang masih minim
agar dipenuhi, demikian pula kondisi fisik perpustakaan untuk diperhatikan agar
dapat meningkatkan semangat belajar siswa untuk berkunjung ke perpustakaan.
Kepada semua pihak sekolah baik kepala sekolah, guru dan siswa, khususnya
di SMA Negeri 4 Palopo tentunya sangat diharapkan menyadari tanggung jawabnya
masing-masing selaku penanggung jawab, sebagai pendidik dan pengajar serta kerja
sama yang baik antar seluruh komponen di sekolah guna mewujudkan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai termasuk prestasi belajar siswa yang semaikn
mneingkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Karya Umum, Komputer, informasi dan referensi umum > 027.8 Perpustakaan Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 06 Jun 2023 02:13
Last Modified: 06 Jun 2023 02:13
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6493

Actions (login required)

View Item View Item