Windasari, Windasari (2012) PENERAPAN METODE CERAMAH DAN DISKUSI PADA MATA PELAJARAN PAI TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Windasari.pdf Download (1MB) |
Abstract
A B S T R A K
Windasari, 2012, Penerapan Metode Ceramah & Diskusi Pada Mata Pelajaran
PAI Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri
4 Palopo.
Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah,
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo. Drs. Muin Rasmal,
M.Pd. selaku pembimbing I, dan Dra. Hj. A. Riawarda, M.Ag., selaku
pembimbing II
Kata Kunci : Penerapan Metode Ceramah & Diskusi, Prestasi Belajar Siswa,
SMAN 4 Palopo.
Skripsi ini membahas tentang penerapan metode ceramah dan diskusi pada
mata pelajaran PAI terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas X pada
SMA Negeri 4 Palopo. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu; (1)
Bagaimana konsep metode ceramah dan metode diskusi yang diterapkan di
SMAN 4 Palopo, (2) Faktor-faktor apa saja yang menghambat penerapan konsep
metode ceramah dan metode diskusi, (3) Bagaimana upaya mengoptimalkan
penerapan konsep metode ceramah dan diskusi terhadap prestasi siswa kelas X di
SMAN 4 Palopo.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subyek
penelitian dalam penelitian adalah 1 orang guru Pendidikan Agama Islam dan 2
orang siswa kelas X. Sedangkan teknik pengumpulan data yaitu observasi,
dokumentasi, dan interview. Teknik analisis data menggunakan reduksi data,
penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dengan metode ini
diharapkan memperoleh data yang dibutuhkan dalam penelitian, sehingga
memperoleh data-data yang kongkret sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian
yang dilaksanakan di SMA Negeri 4 Palopo.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis, maka dapat
disimpulkan bahwa Penerapan metode ceramah dan diskusi dalam pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMAN 4 Palopo berjalan dengan efektif karena
dengan menggunakan metode ini akan ada penjelasan yang cukup akurat dan
terarah yang dijelaskan oleh guru dan siswa pun dapat memahami dan
menanggapi materi/ bahan ajar yang diajarkan/ disajikan. Dalam penerapan
metode ceramah dan diskusi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di
SMAN 4 Palopo mengalami hambatan seperti kurangnya semangat belajar siswa
dan adanya faktor dari dalam diri siswa dan faktor dari luar diri siswa untuk
belajar serta kurangnya buku penunjang kelancaran proses belajar mengajar.
Kiat-kiat yang dilakukan oleh tenaga pengajar di SMAN 4 Palopo seperti guru
lebih giat lagi menggunakan metode belajar yang sesuai dengan karakteristik
siswa, serta memberikan arahan tentang pentingnya pendidikan dan memberikan
tugas diluar jam pelajaran kepada siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 06 Jun 2023 02:27 |
Last Modified: | 06 Jun 2023 02:27 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6494 |
Actions (login required)
View Item |