IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 5 PALOPO

Yulianti, Yulianti (2013) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 5 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Yulianti.pdf] Text
Yulianti.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Yulianti, 2013, ”Implementasi Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas
Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 5 Palopo”,
Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi
Agama Islam Negeri ( STAIN) Palopo. Pembimbing (I) Drs. Hasri, M. A.,
Pembimbing (II) Dra. Baderiah.,M.Ag
Kata kunci : Manajemen Kelas, Efektifitas Proses Pembelajara PAI
Skripsi ini membahas tentang implementasi manajemen kelas dalam
meningkatkan efektifitas proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP
Negeri 5 Palopo. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu; (1)
Bagaimana implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas proses
pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Palopo, (2) bagaiamana
proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Palopo, (3)
bagaimana upaya yang dilakukan dalam menerapkan manajemen kelas di SMP
Negeri 5 Palopo.
Penelitian ini adalah penelitian diskriptif kualitatif. Adapun subyek penelitian
dalam penelitian adalah 2 orang guru Pendidikan Agama Islam dan Kepala sekolah.
Sedangkan teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, dan interview.
Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan
kesimpulan dan verifikasi. Dengan metode ini diharapkan memperoleh data yang
dibutuhkan dalam penelitian, sehingga memperoleh data-data yang kongkret sesuai
dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilaksanakan di SMP Negeri 5 Palopo
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis, maka dapat disimpulkan
bahwa Peranan pendidik dalam melaksanakan manajemen kelas di SMP Negeri 5
Palopo sangat menentukan keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pendidikan.
Sebab guru lebih banyak mengetahui aktivitas-aktivitas dalam proses pembelajaran
yang dilakukan ketika berada di dalam kelas selain itu juga guru lebih banyak terlibat
dengan peserta didik. Manajemen kelas adalah segala usaha yang diarahkan untuk
mewujudkan suasana pembelajaran yang efektif dan menguntungkan serta
memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sesuai kemampuan, khususnya dalam
dunia pendidikan agar tujuan pendidikan dapat tercapai dengan maksimal.
Implementasi manajemen kelas di SMP Negeri 5 Palopo adalah (a). Memancing
aspirasi anak didik, (b). Mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran, (c).
Memvariasi pengelolaan kelas, (d). Melayani perbedan individu siswa, (e).
Meningkatkan interaksi belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 06 Jun 2023 03:04
Last Modified: 06 Jun 2023 03:04
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6497

Actions (login required)

View Item View Item