ANALISIS KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI SISWA SDN No. 162 MINANGA TALLU KECAMATAN SUKAMAJU KABUPATEN LUWU UTARA

Susanti, Aisa (2010) ANALISIS KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI SISWA SDN No. 162 MINANGA TALLU KECAMATAN SUKAMAJU KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Aisa Susanti.pdf] Text
Aisa Susanti.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Aisa Susanti, 2010. “Analisis Kesulitan Belajar dalam Mata Pelajaran PAI Siswa
SDN No. 162 Minanga Tallu Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara”,
Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Jurusan Tarbiyah.
Pembimbing (I) Drs. Masmuddin, M.Ag. Pembimbing (II) Taqwa, S.Ag.,
M.Pd.I.
Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Pendidikan Agama Islam
Skripsi ini mengkaji tentang kesulitan belajar siswa terhadap mata pelajaran
PAI di SDN No. 162 Minanga Tallu Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara.
Penelitian ini mengangkat permasalahan 1) Bagaimana prestasi belajar siswa
dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN No. 162 Minanga Tallu
Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara, 2) Kesulitan-kesulitan apa yang
dihadapi oleh siswa dalam belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN No. 162
Minanga Tallu Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara, 3) Apa alternatif
pemecahan kesulitan belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN
No. 162 Minanga Tallu Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara.
Penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan deskritif kualitatif yang
jumlah populasinya meliputi seluruh siswa SDN No. 162 Minanga Tallu Kecamatan
Sukamaju Kabupaten Luwu Utara dengan sampel 60 siswa orang yang diambil secara
acak. Instrumen yang digunakan adalah catatan observasi, pedoman wawancara, dan
daftar angket. Teknik analisis datanya induktif, deduktif, komparatif dan persentase.
Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa: 1) Prestasi belajar siswa dalam
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN No. 162 Minanga Tallu Kec.
Sukamaju Kabupaten Luwu Utara termasuk berkategori "tinggi" sebab antara 76%-
100% siswa memperoleh nilai atau angka antara 6-10 dalam buku rapornya. Hal ini
ditunjang oleh penguasaan terhadap mata pelajaran, sikap siswa ketika guru mengajar
dan ketika guru memberikan tugas, dan rutinitas kegiatan belajar siswa berjalan
cukup baik. 2) Kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh siswa dalam belajar
Pendidikan Agama Islam PAI) di SDN No. 162 Minanga Tallu Kec. Sukamaju Kab.
Luwu Utara pada umumnya berupa a) kurang rajinnya siswa mengulang pelajaran di
rumah, b) kurangnya kesadaran dan minat siswa, c) metode mengajar guru yang
kurang tepat/kurang baik, d) kurang lengkapnya buku-buku agama Islam di
perpustakaan. 3) Alternatif Pemecahan Kesulitan Belajar Siswa dalam Bidang Studi
Pendidikan Agama Islam di SDN No. 162 Minanga Tallu Kec. Sukamaju yakni
dengan a) meningkatkan frekuensi kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler, b)
memberikan bimbingan khusus secara kontinyu, c) meningkatkan kemampuan
profesional guru, d) melibatkan masyarakat secara langsung, e) menyiapkan dan
melengkapi alat media pendidikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 06 Jun 2023 06:34
Last Modified: 06 Jun 2023 06:34
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6503

Actions (login required)

View Item View Item