Aldi, Aldi (2010) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENERIMA MATERI PELAJARAN PAI PADA KELAS VI SD MUHAMMADIYAH PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
![[thumbnail of Aldi.pdf]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
Aldi.pdf
Download (702kB)
Abstract
A B S T R A K 
Aldi, 2010, Efektifitas Pembelajaran Guru Dalam Meningkatkan Kamampuan siswa 
Menerima Materi Pelajaran PAI Pada Kelas VI SD Muhammadiyah II Palopo. 
Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sukiman. 
S.S.,MPd. (II) Munir Yusuf, S. Ag., M.Pd. 
Kata Kunci : Efektifitas Pembelajaran Guru, Meningkatkan Kemampuan Siswa. 
 Skripsi ini berjudul Efektukfitas Pebelajaran Guru Dalam Meningkatkan 
Kemampuan Siswa Menerima Materi Pelajaran PAI Pada Kelas VI SD Muhammadiyah II 
Palopo, yang membahas kinerja guru dalam menjadikan proses pembelajaran menjadi 
lebih efektif sehingga dapat meningkatkan kualitas kemampuan siswa menrima materi 
pendidikan agama Islam dengan maksimal. Sehingga yang menjadi pokok 
permasalahan pada penelitian ini adalah efektif itas pembelajaran guru dalam 
meningkatkan kemampuan siswa dalam menrima materi PAI, dan upaya yang 
dilakukan guru dalam meningkatkan efektifitas belajar siswa SD Muhammadiyah II 
Palopo. 
 Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif, dengan menetapkan 
populasi yaitu siswa kelas VI yang berjumlah 21 orang, dalam pengambilan sampel 
penelitian menggunakan metode porposive sampling dan menetapkan sampel semua 
semua guru PAI SD Muhammadiyah II Palopo yang berjumlah 8 orang dan siswa kelas 
VI yang berjumlah 15 orang. Untuk mengumpulkan data penelitian ini menggunakan 
teknik wawancara yaitu dengan mengumpulkan data dengan mengadakan tanya jawab 
kepada pihak terkait, teknik angket, dan teknik observasi yaitu dengan mencatat 
mengenai kondisi dan gejala yang tampak pada objek penelitian. Penelitian ini 
menganalisis data dengan menggunakan metode teknik deskriptif, teknik interpreatif, 
dan teknik korelasi. 
 Berdasrkan pengumpulan dan hasil analisis data yang dilakukan peneliti maka 
dapat digambarkan bahwa profesinalisme guru SD Muhammadiyah II Palopo dalam 
menjalankan profesinya sebagai pendidik cukup memadai , sehingga proses 
pembelajaran terkhusus pada bidang studi PAI cukup efektif karena hasil yang 
diperoleh oleh siswa semakin meningkat. 
 Berdasarkan hasil penelitian yang digambarkan di atas, maka peneliti dalam hal 
ini dapat menggambarkan bahwa efektivitas pembelajaran dapat meningkatkan 
kemampuan siswa kelas VI dalam proses pembelajaran terkhusus mata pelajaran PAI 
sebanyak 12 orang atau 80% sangat meningkat, 3 orang atau 20% meningkat. Oleh 
karena itu, guru sebagai pengajar sekaligus pendidik harus selalu berupaya dalam 
meningkatkan kualitas pembelajarannya agar mampu menjadikan proses 
pembelajaran menjadi lebih efektif. Karena, dengan nuansa efektif yang diciptakan oleh 
guru dapat memberikan hasil yang maksimal kepada siswa dalam meningkatkan 
kemampuan dan hasil dalam proses pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam | 
| Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos | 
| Date Deposited: | 06 Jun 2023 06:42 | 
| Last Modified: | 06 Jun 2023 06:42 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6505 | 
