EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENERIMA MATERI PELAJARAN PAI PADA KELAS VI SD MUHAMMADIYAH PALOPO

Aldi, Aldi (2010) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENERIMA MATERI PELAJARAN PAI PADA KELAS VI SD MUHAMMADIYAH PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Aldi.pdf] Text
Aldi.pdf

Download (702kB)

Abstract

A B S T R A K
Aldi, 2010, Efektifitas Pembelajaran Guru Dalam Meningkatkan Kamampuan siswa
Menerima Materi Pelajaran PAI Pada Kelas VI SD Muhammadiyah II Palopo.
Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sukiman.
S.S.,MPd. (II) Munir Yusuf, S. Ag., M.Pd.
Kata Kunci : Efektifitas Pembelajaran Guru, Meningkatkan Kemampuan Siswa.
Skripsi ini berjudul Efektukfitas Pebelajaran Guru Dalam Meningkatkan
Kemampuan Siswa Menerima Materi Pelajaran PAI Pada Kelas VI SD Muhammadiyah II
Palopo, yang membahas kinerja guru dalam menjadikan proses pembelajaran menjadi
lebih efektif sehingga dapat meningkatkan kualitas kemampuan siswa menrima materi
pendidikan agama Islam dengan maksimal. Sehingga yang menjadi pokok
permasalahan pada penelitian ini adalah efektif itas pembelajaran guru dalam
meningkatkan kemampuan siswa dalam menrima materi PAI, dan upaya yang
dilakukan guru dalam meningkatkan efektifitas belajar siswa SD Muhammadiyah II
Palopo.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif, dengan menetapkan
populasi yaitu siswa kelas VI yang berjumlah 21 orang, dalam pengambilan sampel
penelitian menggunakan metode porposive sampling dan menetapkan sampel semua
semua guru PAI SD Muhammadiyah II Palopo yang berjumlah 8 orang dan siswa kelas
VI yang berjumlah 15 orang. Untuk mengumpulkan data penelitian ini menggunakan
teknik wawancara yaitu dengan mengumpulkan data dengan mengadakan tanya jawab
kepada pihak terkait, teknik angket, dan teknik observasi yaitu dengan mencatat
mengenai kondisi dan gejala yang tampak pada objek penelitian. Penelitian ini
menganalisis data dengan menggunakan metode teknik deskriptif, teknik interpreatif,
dan teknik korelasi.
Berdasrkan pengumpulan dan hasil analisis data yang dilakukan peneliti maka
dapat digambarkan bahwa profesinalisme guru SD Muhammadiyah II Palopo dalam
menjalankan profesinya sebagai pendidik cukup memadai , sehingga proses
pembelajaran terkhusus pada bidang studi PAI cukup efektif karena hasil yang
diperoleh oleh siswa semakin meningkat.
Berdasarkan hasil penelitian yang digambarkan di atas, maka peneliti dalam hal
ini dapat menggambarkan bahwa efektivitas pembelajaran dapat meningkatkan
kemampuan siswa kelas VI dalam proses pembelajaran terkhusus mata pelajaran PAI
sebanyak 12 orang atau 80% sangat meningkat, 3 orang atau 20% meningkat. Oleh
karena itu, guru sebagai pengajar sekaligus pendidik harus selalu berupaya dalam
meningkatkan kualitas pembelajarannya agar mampu menjadikan proses
pembelajaran menjadi lebih efektif. Karena, dengan nuansa efektif yang diciptakan oleh
guru dapat memberikan hasil yang maksimal kepada siswa dalam meningkatkan
kemampuan dan hasil dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 06 Jun 2023 06:42
Last Modified: 06 Jun 2023 06:42
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6505

Actions (login required)

View Item View Item