STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SDN NO 252 BATU PASI KOTA PALOPO

Andriani, Andriani (2010) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SDN NO 252 BATU PASI KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Andriani.pdf] Text
Andriani.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Andriani, 2010. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat
Belajar Siswa di SDN 252 Batupasi Kota Palopo. Skripsi Program Studi
Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah. Pembimbing (I) Drs Hamzah K,
M.H.I. (II) Dra. Baderia, M.Ag.
Kata Kunci: Strategi Guru, Minat Belajar Siswa
Skripsi ini membahas tentang strategi guru pendidikan Agama Islam dalam
meningkatkan minat belajar siswa di SDN 252 Batupasi Kota Palopo.
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui: (1) Bagaimana penerapan strategi
guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa di SDN 252
Batupasi Kota Palopo. (2) Kendala-kendala apa yang dihadapi guru pendidikan agama
Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa di SDN 252 Batupasi Kota Palopo.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan desain penelitian deskriptif
kualitatif yaitu berusaha menggambarkan dan menguraikan pemecahan masalah yang
ada berdasarkan teknik analisis deskriptif. Menurut pendekatannya, penelitian ini
menggunakan pendekatan pedagogis dan pendekatan psikologis.
Berdasarkan hasil penelitian Skripsi ini, dapat dikemukakan bahwa: siswa
sangat senang belajar pendidikan agama Islam dengan persentasenya 68,97%, siswa
yang berminat mempelajari pelajaran pendidikan agama Islam dengan persentasenya
75,9%, siswa yang senang membaca buku pendidikan agama Islam dapat meningkatkan
minat belajarnya di sekolah dengan persentasenya 86,2%, siswa yang berminat
membaca buku di perpustakaan sekolah dengan persentasenya 46,6%, pemberian tugas
dapat meningkatkan minat belajar siswa dengan persentasenya 89,7%, siswa yang
senang dengan metode ceramah dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dengan
persentasenya 43,1 %, guru sering memberikan dorongan untuk giat belajar agama
dengan persentasenya 100%, siswa berminat untuk lebih mengenal ilmu pendidikan
agama Islam secara mendalam dengan persentasenya 100%, belajar pendidikan agama
Islam dapat membentuk perilaku siswa yang lebih baik dalam kehidupan sehari-hari
dengan persentasenya 63,8%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 06 Jun 2023 07:07
Last Modified: 06 Jun 2023 07:07
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6507

Actions (login required)

View Item View Item