Hasnawirah A, Hasnawirah A (2010) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PAI DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SDN 210 MINNA KEC. BONE-BONE KAB. LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Hasna Wirah A.pdf Download (804kB) |
Abstract
ABSTRAK
Hasnawirah A., 2010, ”Efektivitas Pembelajaran PAI Dengan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw
Di SDN 219 Minna Kec. Bone-Bone, Kab. Luwu Utara”, Skripsi Jurusan Tarbiyah
Program Studi Pendidikan Agama Islam. Pembimbing (1) Drs. Hamzah K., M.H.I,
Pembimbing (2) Rahmawati, M.Ag
Kata kunci : Kooperatif, Jigsaw , Efektifitas, Hasil Belajar.
Skripsi ini membahas tentang ” Efektifitas Pembelajaran PAI dengan Metode Kooperatif
Tipe Jigsaw di SDN 210 Minna Kec. Bone-Bone Kab. Luwu Utara”. Pembelajaran PAI yang
dilaksanakan selama ini cenderung menoton dimana siswa dilibatkan hanya sebatas pendengar
saja terhadap penjelasan yang disampaikan oleh guru.
Masalah yang timbul adalah: (1). Bagaimana efektifitas pembelajaran PAI dengan
metode kooperative type JIGSAW. (2). Apakah hasil belajar pendidikan agama Islam pokok
bahasan PAI SDN 210 Minna akan meningkat melalui pembelajaran kooperatif type JIGSAW
(3). Bagaiman respons siswa dalam proses pembelajaran PAI dengan menerapkan
pembelajaran kooperatif type JIGSAW. Adapun tujuan dari penelitian ini: (1). Untuk
memenuhi tugas akhir sebagai syarat untuk menyelesaikan pendidikan jenjang S.1 pada STAIN
Palopo. (2). Untuk melihat seberapa efektif pembelajaran pendidikan Agama Islam pokok
bahasan Salat dikelas II, kelas III, dan lelas IV SDN 210 Minna. (3). Untuk memperoleh
gambaran mengenai respond siswa terhadap penerapan model JIGSAW dalam proses
pembelajaran mata pelajaran pendidikan Agama Islam pokok bahasan salat.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode analisis deskriftif kualitatif, yaitu
penelitian yang memberikan gambaran atau deskrifsi dalam bentuk uraian secara luas dan
mendalam mengenai tingkat capaian hasil belajar mata pelajaran PAI pada siswa kelas II, III
dan IV SDN Negeri 120 Minna Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara dengan
penerapan pembelajaran kooperatif model JIGSAW. Pengumpulan data penulis menggunakan
metode dokumentasi, pemberian tes, wawancara, dan teknik observasi sistemik. Data dianalisis
dengan menggunakan analisis kuantitatif dengan tahapan mengedit, tabulasi, distribusi
frekwensi, dan persentasi. Dari hasil perhitungan frekwensi dan persentase, dibuatlah analisis
kualititatif dengan menggunakan teknik analisis induktif, deduktif dan komparatif.
Dari hasil penelitian yang telah penulis lakukan sejak bulan April sampai dengan bulan
Mei 2010, penulis memperoleh hasil penelitian bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe
Jigsaw pada mata pelajaran agama Islam dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari rata-rata
80% menjadi 93 % atau dari kategori baik menjadi kategori sangat baik. Sementara itu respon
siswa terhadap metode kooperatif tipe Jigsaw juga memperlihatkan bahwa 92,13 % atau
sebanyak 117 siswa senang dan menyukai metode belajar kooperatif tipe Jigsaw. Hal ini berarti
terjadi penguasaan materi secara signifikan setelah selesai belajar dan tercipta suasana
pembelajaran yang menarik atau baik dengan menggunakan metode belajar kooperatip tipe
JIGSAW.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 07:03 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 07:03 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6522 |
Actions (login required)
View Item |