PENGGUNAAN METODE BERVARIASI DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 KOTA PALOPO

SISSANG, REZA SAPUTRI (2022) PENGGUNAAN METODE BERVARIASI DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of REZA SAPUTRI SISSANG.pdf] Text
REZA SAPUTRI SISSANG.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Reza Saputri Sissang, 2022, “Penggunaan Metode Bervariasi dalam Mengatasi
Kejenuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Menengah
Pertama Negeri 2 Kota Palopo” Skripsi Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Dr. H. Hisban Thaha, M.Ag dan Eka
Poppi Hutami, S.Pd.I, M.Pd.
Penelitian ini membahas tentang penggunaan metode bervariasi dalam
mengatasi kejenuhan belajar Peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2
Kota Palopo dengan tujuan penelitian yaitu: 1). Untuk mengetahui metode
pembelajaran pada Peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kota
Palopo. 2). Untuk mengetahui penggunaan metode bervariasi dapat mengatasi
kejenuhan belajar Peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kota
Palopo. 3). Untuk mengetahui faktor penghambat penggunaan metode.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.
Adapun jenis penelitian ini yaitu menggunakan jenis penelitian yang bersifat
deskriptif dengan menggunakan teknik wawancara, teknik observasi dan teknik
dokumentasi dalam pengumpulan data. Data yang telah terkumpul diuji
keabsahannya dengan teknik triangulasi metode dan triangulasi sumber.
Selanjutnya dianalis dengan teknik reduksi data, display/penyajian data, dan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Dalam menerapkan metode
mengajar yang bervariasi, guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Palopo
melakukannya dengan memberikan metode ceramah, metode diskusi kelompok
dan metode pemecahan masalah untuk menyampaikan materi dengan penjelasan
yang lebih detail dan luas. 2). Untuk mengatasi kejenuhan belajar Peserta didik
karena hanya mendengarkan maka, diselingi dengan metode tanya jawab, diskusi
kelompok dan metode pembelajaran berbasis masalah. Metode tersebut dilakukan
untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menerima pelajaran yang telah
diberikan. 3). Terdapat faktor penghambat penggunaan metode bervariasi dalam
mengatasi kejenuhan belajar peserta didik adalah sarana dan prasarana yang
kurang memadai.
Kata kunci: Metode pembelajaran, kejenuhan, peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 08 Jun 2023 00:55
Last Modified: 08 Jun 2023 00:55
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6531

Actions (login required)

View Item View Item